Aturan Makan Usai Memutihkan Gigi

Kompas.com - 20/01/2012, 11:39 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Tidak semua orang diberkahi dengan gigi putih menawan. Karenanya, sebagian orang memutuskan untuk menjalani pemutihan gigi -baik yang dilakukan sendiri di rumah maupun dengan bantuan dokter gigi. Namun, jangan sampai segala usaha yang dilakukan ini akhirnya tanpa hasil.

"Begitu Anda telah berhasil mendapatkan gigi putih cemerlang, langkah selanjutnya adalah memertahankannnya dengan mencermati makanan yang disantap," kata Dr Raymond Garrison, Profesor dan Kepala Departemen Kedokteran gigi dari Wake Forest Baptist Medical Center.

Beberapa jenis buah dan sayuran seperti apel, kacang polong hijau, kembang kol, wortel, dan daun seledri besar, dapat membantu membersihkan gigi ketika Anda mengunyahnya. Selain itu, jenis buah dan sayuran ini juga dapat merangsang produksi saliva, yang akan menetralisir asam serta melindungi gigi, kata Garrison.

Di samping itu, produk-produk olahan susu, khususnya yang kaya kalsium, dan keju juga dapat membantu menjaga gigi tetap putih. Asam laktat yang terdapat dalam produk-produk ini dapat mencegah kerusakan pada gigi. Sementara, keju yang teksturnya keras dapat membantu mengenyahkan sisa partikel makanan di gigi.

Yang perlu Anda hindari setelah menjalani pemutihan gigi adalah rokok, kecap, soft drink, anggur merah dan putih, serta buah bluberi, karena dapat membuat gigi jadi bernoda. Selain itu, Garrison juga mengingatkan agar Anda berkonsultasi terlebih dulu pada dokter gigi sebelum menjalani proses pemutihan gigi.

"Meski bleaching atau pemutihan gigi merupakan metode yang efektif untuk mendapatkan gigi lebih putih, ada efek jangka pendeknya, yaitu gigi menjadi sensitif. Terlalu sering memutihkan gigi juga dapat menyebabkan kerusakan permanen, seperti terkikisnya enamel gigi," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.