Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gebyar Posyandu Peduli TAT 2012 Diluncurkan

Kompas.com - 24/01/2012, 14:50 WIB

Kompas.com- Gerakan Posyandu Peduli Tumbuh-Aktif-Tanggap (TAT) 2012 tingkat nasional hari ini resmi diluncurkan di Bekasi, Jawa Barat. Melalui program ini peran kader Posyandu sebagai ujung tombang dalam memantau tumbuh kembang anak akan ditingkatkan.

Peresmian Gerakan Posyandu Peduli TAT ini dilaksanakan oleh Ketua tim penggerak PKK Pusat, Vita Gamawan Fauzi bersama dengan Presiden Direktur Nestle Indonesia Arshad Chaudhry serta ribuan kader posyandu.

Dalam sambutannya Vita mengungkapkan program yang merupakan hasil kerjasama PKK Pusat dengan PT.Nestle Indonesia ini memberikan manfaat timbal balik, terutama dalam hal peningkatan SDM para kader mengenai pentingnya pemantauan Tumbuh Aktif dan Tanggap bagi bayi berusia di bawah tiga tahun.

"Melalui program ini diharapkan citra dan kualitas para kader akan meningkat sehingga peranannya sebagai ujung tombak program kesehatan anak akan lebih baik lagi," paparnya.

Posyandu TAT sendiri sudah dilakukan sejak tahun 2008 namun hanya terbatas pada beberapa provinsi.  Menurut Pritha, marketing manager Nestle kategori Growing Up Milk, di tahun 2012 ini pelaksanaan program ini akan lebih terintegrasi karena sudah ada dasar panduan bagi para kader.

"Kami akan memberikan modul untuk pelatihan para kader. Mereka juga akan memiliki panduan berupa cek list tumbuh kembang anak sehingga bisa lebih optimal dalam pemantauan batita," kata Pritha

Dia menjelaskan, di Posyandu melaksanakan program TAT, batita yang datang tidak hanya sekedar di timbang berat badannya tapi juga diukur tinggi badan dan lingkar kepalanya. Selain itu, para batita tersebut juga akan dinilai kemampuan psikososialnya.

"Cek list tersebut dikelompokka berdasarkan usia dan milestone perkembangan anak. Sehingga para kader bisa dengan mudah memantau tumbuh kembang anak. Di posyandu ini juga akan diberikan pengetahuan mengenai gizi," imbuhnya.

Nantinya, jika ditemukan ada batita yang tidak sesuai dengan urutan pertumbuhan atau perkembangan, para kader akan merujuk si anak ke Puskesmas.

Gerakan Posyandu Peduli TAT sendiri sejak tahun 2008 sudah mencapai 3.706 Posyandu dan melibatkan lebih dari 15 ribu orang kader.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com