Alergi Susu Sapi Bikin Anak Kurus?

Kompas.com - 25/01/2012, 18:37 WIB
EditorDini

T:
Dok, anak saya Faliq umur 4 tahun, berat badannya 15 kg. Masih kurus, ya. Saya sudah mencoba memberinya vitamin, makannya banyak tapi tetap saja timbangannya tidak bertambah. Kalau kurus sebenarnya memang karena turunan (keluarga saya juga kurus-kurus, adakah solusi atau obatnya biar bisa gemuk?). Anak saya alergi susu sapi sehingga saya kasih produk susu kedelai. Apakah itu berpengaruh? Makanan apa yang bisa cepat merangsang berat badannya? Terima kasih sebelumnya ya, Dok. (Risti, 31, via e-mail)

J:
Ibu Risti,
Jika dilihat dari grafik pertumbuhan CDC/Centers for Disease Control and Prevention (dapat diakses di www.cdc.gov/growthcharts), berat badan Faliq sebaiknya 16,5 kg. Memang faktor keturunan dapat mempengaruhi postur tubuh seorang anak, namun peranan faktor lingkungan seperti nutrisi juga sangat penting, terutama dalam kecukupan dan komposisi nutrisi yang diberikan. Kadang menurut orangtua, anak sudah makan banyak. Namun jika dianalisa, makanan yang dikonsumsi seringkali masih kurang dari kebutuhan anak. Oleh karena itu, tidaklah heran jika berat badan anak masih tidak meningkat.

Saran saya untuk Faliq, sebaiknya ibu berkonsultasi dengan dokter keluarga untuk menilai apakah Faliq sudah mendapatkan kecukupan nutrisi sesuai dengan usia dan aktivitasnya, sehingga dapat disusun menu yang tepat untuk Faliq dengan kondisi alergi yang dimilikinya. Mengenai penggunaan susu kedelai karena alergi terhadap susu sapi, seharusnya tidak memberikan imbas pertumbuhan jika Ibu dapat menggantikan nutrisi yang terkandung dalam susu sapi dengan bahan makanan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.