Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fase Susah Makan Pasti Dialami Semua Anak?

Kompas.com - 30/01/2012, 16:46 WIB

TANYA:

Dok, saya ingin bertanya apakah setiap anak pasti akan melewati fase susah makan? Adakah cara-cara untuk mencegah hal tersebut terjadi. Pengalaman dengan anak pertama saya, selama periode MPASI (6 bulan - 1 tahun) ia cenderung mudah makan apa saja. Tidak pernah menolak. Namun ketika di atas usia 1,5 tahun ia jadi pemilih. Menolak sayur dan sebagainya.

Kini saya sedang hamil anak kedua. Adakah kiat untuk menyiapkan anak agar tidak menjadi pemilih dalam hal makanan. Terima kasih.

Sisil (30), Jakarta

JAWAB:

Anak yang sebelumnya mudah makan kemudian mengalami fase "sulit makan" biasanya disebabkan oleh beberapa kemungkinan. Diantaranya adalah rasa bosan terhadap jenis makanannya selama ini, menu makanan dan tekstur yang kurang bervariasi, suasana hati atau moodnya yang sedang kurang mendukung.

Apakah si kecul mulai merasa seperti "kurang" mendapat perhatian akhir-akhir ini mengingat ibu saat ini sedang mengandung anak kedua, dan ia merasa sedikit "tersaingi?" Kondisi tersebut dapat saja membuatnya merasa sedih yang dapat membuat nafsu makannya berkurang.

Pada sekitar usianya memang dapat saja ia mulai memilih-milih jenis makanan tertentu saja (picky eater) dan menolak jenis makanan lainnya.

Kondisi ini dapat diatasi dengan cara tetap memberinya semangat dan motivasi serta menyajikan makanan dengan jenis rasa dan suasana yang menyenangkan hatinya terutama saat makan dan sebaiknya dilakukan secara berulang-ulang dan berkesinambungan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com