Jumlah Lansia Melonjak

Kompas.com - 03/02/2012, 09:08 WIB
EditorLusia Kus Anna

Jakarta, Kompas - Meningkatnya umur harapan hidup membuat jumlah penduduk berumur di atas 60 tahun, yaitu kelompok lanjut usia, makin besar. Namun, belum ada perhatian dari pemerintah untuk menyediakan sarana prasarana bagi mereka agar bisa menjalani kehidupan dengan baik.

”Pemerintah masih disibukkan dengan upaya agar terpilih kembali dalam pemilu berikutnya hingga mengabaikan pelayanan masyarakat yang bersifat khusus, seperti untuk orang berusia lanjut (lansia),” kata Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Sugiri Syarief saat dihubungi di Jakarta, Kamis (2/2).

Jumlah lansia di Indonesia pada tahun 2011 sekitar 24 juta jiwa atau hampir 10 persen jumlah penduduk. Padahal, sekitar tahun 1970 baru ada 2 juta orang. Selama 40 tahun, pertambahan jumlah lansia 10 kali lipat, sedangkan jumlah penduduk hanya bertambah 2 kali lipat.

Setiap tahun, jumlah lansia bertambah rata-rata 450.000 orang. Pada tahun 2050, diperkirakan ada 60 juta lansia, setara gabungan penduduk Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten kini.

Menurut Sugiri, perubahan struktur masyarakat tak dipahami pemerintah pusat dan daerah. Perhatian mereka masih terfokus pada layanan untuk orang muda dan produktif saja.

Di Jakarta, ketidakpedulian pemerintah ditunjukkan dengan tidak ramahnya fasilitas umum terhadap keterbatasan lansia. hal itu misalnya curamnya tangga bus transjakarta, angkutan umum menaikturunkan penumpang secara cepat di sembarang tempat, dan tidak ada akses bagi pengguna kursi roda.

”Peningkatan jumlah lansia berdampak luas, mulai dari politik, ekonomi, hingga sosial budaya,” katanya.

Aspirasi politik lansia akan makin menentukan. Produk-produk untuk lansia akan makin banyak diproduksi oleh industri.

Hampir setiap keluarga akan memiliki lansia. Ini menuntut keluarga untuk memahami perilaku dan perawatan lansia.

Dari aspek sebaran, 80 persen lansia ada di pedesaan. Ini membahayakan program ketahanan pangan karena sektor pertanian didominasi lansia yang tenaganya jauh berkurang. Saat ini, rata-rata umur petani 45 tahun.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.