Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zat Aktif "Red Wine" Akan Dibuat Kapsul

Kompas.com - 03/02/2012, 11:06 WIB

KOMPAS.com — Anggur merah atau red wine selama beberapa tahun terakhir ini menjadi perbincangan karena khasiatnya untuk mencegah penyakit jantung. Sebagian pakar berpendapat, dalam takaran tertentu konsumsi red wine secara rutin disarankan demi kesehatan.

Adalah resveratrol, zat aktif dalam red wine dan tanaman lain, yang terbukti menyehatkan. Ketika diuji pada tikus di laboratorium, ternyata zat ini berpotensi mengatasi berbagai penyakit, seperti diabetes tipe 2, Alzheimer, dan penyakit jantung.

Kini para ilmuwan terus meneliti kemungkinan mengembangkan resveratrol ke dalam bentuk obat. "Sebelum para ilmuwan berhasil mengubah resveratrol menjadi obat yang aman dan efektif, mereka terus mencari tahu sel apa yang menjadi targetnya," kata Dr Jay Chung, peneliti.

Resveratrol diketahui menghambat protein yang disebut phosphodiesterases (PDEs), yang mengatur energi. Namun, beberapa studi lain menunjukkan sel lain yang menjadi targetnya.

Bila kelak resveratrol benar-benar menjadi obat, tentu kontroversi mengenai bermanfaat atau tidaknya konsumsi red wine akan terhapus. Cukup dengan mengonsumsi satu kapsul resveratrol, kita bisa mendapatkan manfaat kesehatan tanpa perlu khawatir dengan kandungan alkoholnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com