Diabetes Ancam Kesehatan Janin

Kompas.com - 06/02/2012, 15:14 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Menjaga kadar gula darah tetap normal merupakan syarat penting untuk mencegah komplikasi akibat diabetes. Apalagi untuk ibu hamil karena risiko komplikasi pada bayi akan meningkat empat kali lipat jika calon ibu menderita diabetes.

Dalam studi yang dimuat dalam jurnal Diabetologia, para peneliti menemukan risiko kelainan cacat bawaan pada bayi seperti penyakit jantung bawaan dan spina bifida akan jauh lebih tinggi pada ibu hamil yang menderita diabetes.

Penelitian dilakukan melalui analisa data terhadap lebih dari 400.000 wanita yang hamil pada tahun 1996 - 2008 di wilayah timur laut Inggris. Sekitar 1.677 dari wanita itu menderita diabetes.

Data menunjukkan, risiko cacat bawaan naik dari 19 pada tiap 1.000 kehamilan yang sehat menjadi 72 pada tiap 1.000 kehamilan dari wanita penderita diabetes.

Ketua peneliti, Dr.Ruth Bell dari Newcastle University menyebutkan pengendalian gula darah sebelum sampai masa pembuahan merupakan hal yang penting untuk mencegah komplikasi kesehatan bayi.

"Yang sering jadi masalah adalah kebanyakan wanita belum menyadari pentingnya konsultasi untuk mempersiapkan kehamilan," katanya.

Menurut panduan National Institute of Health and Clinical Excellence, setiap wanita yang menderita diabetes seharusnya menurunkan kadar gula darah mereka di bawah 6,1 persen sebelum hamil.

"Kabar baiknya adalah dengan pengaturan pola makan dan olahraga sebelum dan selama kehamilan, cukup banyak bayi yang dilahirkan dari wanita diabetes yang sehat. Yang penting kemauan untuk menjaga kadar glukosa tetap normal," katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.