Mengapa Rambut Rontok Pasca-melahirkan?

Kompas.com - 07/02/2012, 16:01 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Rambut rontok memang bisa membuat kaum wanita senewen, apalagi jika kerontokan itu tidak bisa dihindari dan dihentikan seperti setelah persalinan. Untungnya, kerontokan itu bersifat sementara. Dengan perawatan yang baik, rambut akan kembali tebal dan indah.

Selama kehamilan, rambut memang sedang berada dalam kondisi terbaiknya, tebal dan tidak rontok. Hal ini karena terjadinya lonjakan hormon androgen yang memperpanjang fase pertumbuhan rambut.

Perubahan hormonal ini juga menghentikan produksi minyak di kulit kepala. Tak heran bila penampilan ibu hamil semakin bersinar karena rambut juga terasa lebih mengembang.

Namun, setelah bayi lahir, produksi androgen pun berkurang. Fase rambut yang normal pun kembali lagi, yakni fase tumbuh dan rontok yang sempat terhenti dalam 9 bulan terakhir. Pada kembalinya fase normal ini, rambut yang selama kehamilan tidak pernah rontok akan berguguran. Jumlah yang rontok memang cukup banyak, sekitar 10-30 persen.

Kabar baiknya, saat si kecil menginjak usia 6 bulan, rambut baru akan tumbuh menggantikan rambut yang rontok. Pada beberapa wanita, rambut yang baru ini memiliki tekstur dan warna yang sedikit berbeda.

Kendati secara alamiah rambut akan kembali normal, tetapi Anda juga bisa mempercepat pertumbuhannya dengan perawatan rambut yang baik. Selalu menjaga kebersihan rambut serta menggunakan produk untuk menstimulasi pertumbuhan rambut dan memperkuat akarnya akan membantu. Imbangi dengan konsumsi makanan yang bernutrisi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.