Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kehamilan Tak Hanya Butuh Kesiapan Fisik

Kompas.com - 07/02/2012, 18:46 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Kehamilan merupakan saat yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan menikah. Oleh karena itu, ketika kehamilan itu akhirnya datang, setiap perempuan pasti menginginkan janin yang sehat, dan melahirkan anak yang sehat dan cerdas.

Namun untuk melahirkan anak yang sehat dan cerdas, Anda juga harus mempersiapkan kehamilan dengan baik. Ibu hamil yang sehat adalah ibu yang tidak hanya mempersiapkan kehamilannya secara fisik, tetapi juga psikis. Lalu persiapan fisik dan psikis seperti apa yang harus dilakukan oleh Anda yang sedang merencanakan kehamilan? Simak tips dari dr Tri Yuniarti, SpOG, spesialis kebidanan dan kandungan dari RS Yadika, Kebayoran Lama, Jakarta, berikut ini.

1. Persiapan fisik

Ibu hamil perlu menjaga asupan makanan, dengan menyantap makanan yang sesuai kebutuhan gizi ibu maupun janin yang dikandung. Beberapa jenis nutrisi yang diperlukan untuk mendukung kebutuhan gizi selama kehamilan adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral seperti zat besi, asam folat, kalsium, vitamin E, K, A, B, C, D, omega-3, dan fosfor.

"Selain itu lakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan, agar kehamilan menjadi terasa lebih mudah dan menyenangkan," tambahnya.

Anda bisa melakukan olahraga ringan untuk ibu hamil, seperti senam hamil, jalan kaki, renang, sampai sepeda statis. Namun aktivitas rutin dan harian seperti membersihkan rumah, menyapu, mengepel, atau menyiram tanaman, juga bisa dilakukan sebagai ganti olahraga. Yang harus diperhatikan adalah mengurangi aktivitas yang terlalu melelahkan, karena bisa menyebabkan timbulnya flek ataupun perdarahan yang berakibat pada keguguran.

2. Persiapan psikis
Kesehatan psikis juga sangat diperlukan agar kehamilan menjadi momen yang menyenangkan. Caranya dengan mengatur emosi Anda. "Tenangkan hati dan pikiran dengan melakukan relaksasi yang menenangkan, agar jiwa dan perasaan menjadi tenang," tutur Yuni.

Lakukan relaksasi melalui latihan yoga, mendengarkan musik, dan istirahat yang cukup. Jauhi hal-hal yang dapat menimbulkan stres, dan atur pikiran menjadi positif, agar tidak berefek buruk pada kehamilan. Dalam hal ini dukungan dari orang-orang sekitar, seperti suami, orangtua, dan kakak-adik, sangat berpengaruh terhadap kesehatan psikis sang ibu hamil. "Suami berperan untuk memberi support kepada istri yang sedang hamil agar sedikit meringankan 'beban' yang dialami," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+