Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masalah Penyumbatan Indung Telur

Kompas.com - 09/02/2012, 14:34 WIB

TANYA:
 
Met sore dok, istri saya dua bulan terakhir mengalami haid yang panjang sektiar satu minggu itu saja berhenti karena minum obat cina yunan paiyo, kalo tidak minum mungkin bisa dua minggu. Biasanya teratur dan cuma 3 hari.
 
Yang saya tanyakan apakah hal itu normal? Menurut hasil USG kata dokter kandungannya tak ada masalah.  Kami belum punya anak sejak keguguran 5 tahun yang lalu dan di kuret. Kami juga pernah ke klinik spesialis di RS Sarjito katanya susah hamil karena ada penyumbatan indung telur sebelah kiri. Setelah diobati katanya sudah beres. Tapi belum hamil juga. Apakah haid yang panjang itu ada hubungannya dengan penyumbatan indung telur?
 
Tjeng Yusuf (39), Purbalingga

JAWAB:

Haid yang memanjang selama 1 minggu memang tdak normal. Untuk diagnosis memang antara lain dengan pemeriksaan USG , tapi sebaiknya dengan USG transvaginal. Tujuannya adalah untukmengukur ketebalan dinding rahim, keadaan rahim serta indung telur. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan hormonal. Kalau memang diperlukan bisa dilakukan kuretase untuk menghentikan perdarahan dan untuk mengetahui keadaan endometriumnya.

Untuk menilai saluran telur, ibu harus melakukan pemeriksaan rontgen USG. Kalau dari pemeriksaan USG tidak ada kelainan maka tidak ada kaitannya haid yang memanjang dengan sumbatan saluran telurnya. Kemungkinan ibu mengalami dua permasalahan sekaligus yang berdampak tidak bisa / belum bisa hamil. Segera saja ibu kembali ke dokter kandungan untuk mencari tahu gangguan haidnya dan selanjutnya segera dilanjutkan dengan program hamil.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com