Sering Mengkhayal Akibat Stres

Kompas.com - 10/02/2012, 08:46 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dok,  kenapa ya saya ini sering mengkhayal sesuatu yang sudah lewat. Contohnya, saya seperti punya pikiran kenapa saya kemarin tidak begini, coba kalau saya begitu, hasilnya pasti begini. Kalau menurut pendapat teman saya, saya itu mengalami skizofrenia. Tetapi kata dokter yang pernah saya tanya, saya tidak apa-apa.  Terkadang, saya juga kalau sedang merasa malu di depan umum atau berjalan di depan orang banyak, saya suka merasa kurang keseimbangan dan merasakan pusing. Saya merasa bukan seutuhnya diri saya sendiri. Sebenarnya saya ini kenapa ya? Apa yang harus saya lakukan Dok?

(Marissa Aryani, 21, Bogor)


JAWAB :

Mbak Marissa yang baik,

Perasaan tidak puas dan kecewa akan apa yang telah dilakukan adalah sesuatu hal yang wajar terjadi. Banyak orang menyesal karena telah berbuat sesuatu yang kurang baik di masa lalu. Kondisi ini sebenarnya baik untuk pembelajaran lebih lanjut ke depan, artinya jangan sampai mengulangi kesalahan yang sama.

Saya pikir apa yang teman anda katakan terlalu berlebihan, ingat pesan saya selalu bahwa diagnosis gangguan jiwa tidak sembarangan disematkan ke seseorang tanpa melakukan pemeriksaan oleh ahlinya. Keluhan-keluhan yang anda alami sepertinya banyak juga berkaitan dengan keluhan-keluhan terkait dengan sistem otonom yang biasanya dipicu oleh stres.

Rasa pusing, kurang keseimbangan dan merasa tidak nyata terkadang merupakan gejala yang sering dialami oleh orang yang mengalami kecemasan. Saran saya, ada baiknya jika sangat mengganggu sekali anda bisa bertemu dengan psikiater atau psikolog untuk membahas kondisi anda. Juga bisa bertemu dengan konselor jika ada di tempat anda yang menyediakan fasilitas itu, biasanya di lingkungan tempat ibadah anda.

Semoga bisa membantu.

Salam Sehat Jiwa

 


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X