Virus DBD Cuma Bisa Menjangkiti 4 Kali?

Kompas.com - 11/02/2012, 13:05 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Sepak terjang penyakit demam berdarah dengue memang kian mengkhawatirkan. Menurut catatan Kementrian Kesehatan RI, sepanjang tahun 2011 terdapat lebih dari 60.500 penderita DBD dengan angka kematian mencapai satu persen.

Penyakit demam berdarah dengue (DBD) tak lepas dari aksi virus dengue di dalam darah. Penyakit yang ditularkan oleh gigitan nyamu Aedes aegypti itu pertama kali menjadi wabah di Indonesia pada tahun 1968.

Dokter spesialis penyakit dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr.Leonard Nainggolan, Sp.PD, mengatakan ada empat varian virus dengue. Yakni virus DEN 1, 2, 3, dan 4.

"Keempatnya sudah ada di Jakarta sejak tahun 1970," kata dokter yang mendalami penanganan demam berdarah dan penyakit infeksi tropik ini dalam acara Pocari Sweat Conference 2012 di Jakarta (11/2/12).

Ia menjelaskan, karena penyakit DBD disebabkan oleh virus maka penyakit ini biasanya sembuh sendiri setelah tubuh membuat antibodinya.

"Kalau sudah pernah terjangkit virus dengue sampai empat kali besar kemungkinan orang tersebut sudah memiliki antibodi setiap jenis virusnya. Kemungkinan untuk terkena lagi memang lebih kecil," imbuhnya.

Kendati begitu ia mengingatkan bahwa jenis virus dengue di Indonesia dengan negara lain bisa berbeda.

"Walau sama-sama virus DEN 1 tapi di negara lain ada sedikit perbedaan. Jadi untuk orang yang sering bepergian ke luar negeri masih mungkin ia terjangkit DBD dari jenis virus lain," katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.