3 Cara Alami Memutihkan Gigi

Kompas.com - 13/02/2012, 13:11 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Salah satu penunjang penampilan sempurna adalah warna gigi yang putih, dan mulut yang segar. Menurut survei yang dilakukan terhadap lebih dari 500 orang dewasa oleh American Academy of Cosmetic Dentistry pada tahun 2007, senyum dengan gigi yang putih bisa memberikan dampak besar terhadap persepsi orang lain terhadap daya tarik, kebahagiaan, kecerdasan, bahkan status karier Anda.

Kalau sudah begini, pingin kan, punya gigi putih cemerlang? Sebelum menjalani perawatan pemutihan gigi di klinik dengan biaya yang mahal, coba dulu cara alami yang disarankan Emanuel Layliev, DDS, dokter gigi dari NYC Dental, New York, ini.

1. Minum banyak air putih
Air putih merupakan cara alami untuk mendapatkan gigi yang putih dan bersih. Tidak berarti Anda tidak boleh meneguk minuman beralkohol atau minuman lain yang berwarna. Hanya saja, minuman yang mengandung pewarna bisa membuat gigi terlihat kusam dan kotor. Noda yang dihasilkan red wine, misalnya, sudah diketahui bisa mengubah warna gigi. Sedangkan sebuah survei di Jerman pada tahun 2009 menemukan bahwa anggur putih ternyata juga memiliki tingkat keasaman dan sifat erosif yang membuat gigi lebih rentan pada noda. Jika suka minum minuman yang berwarna, sebaiknya selingi juga dengan minum air putih.

2. Obat kumur
Biasakan untuk menggunakan obat kumur untuk menjaga gigi tetap putih, dan nafas tetap segar. Yang harus diingat, pilih obat kumur yang bebas dari pewarna dan memiliki cairan yang berwarna putih. Obat kumur yang berwarna biru, hijau, kuning, atau yang lain, jika digunakan terlalu sering sebenarnya bisa menggelapkan warna gigi dari waktu ke waktu.

3. Konsumsi makanan
Gigi yang putih dan bersih tidak hanya bisa didapatkan dari perawatan dari luar, tetapi juga dari dalam, seperti makanan. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang bersahabat dengan gigi seperti apel, kembang kol, wortel, sampai seledri. Snack yang renyah dan berserat, serta konsumsi sayuran membantu gigi menghapus noda dengan lembut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.