Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Rokok dan ASI Diberikan Bersama

Kompas.com - 17/02/2012, 13:49 WIB

KOMPAS.com - Anda mungkin sering bertanya, apakah ibu menyusui yang merokok dapat memberikan ASI? Jawabannya ya. Seorang ibu yang tidak bisa berhenti merokok harus tetap menyusui. ASI memberikan banyak manfaat untuk bayi terutama untuk kekebalan tubuh, sehingga membantu memberikan perlindungan untuk bayi dalam memerangi penyakit.

Penelitian telah membuktikan bahwa ASI dapat menurunkan risiko efek samping yang secara negatif ditimbulkan oleh asap rokok, seperti penyakit paru-paru pada bayi. Memang akan jauh lebih baik apabila ibu tidak merokok, namun jika ibu tidak bisa berhenti merokok, maka lebih baik ibu merokok dan menyusui ketimbang ibu merokok tapi memberikan susu formula.

Tetapi walau bagaimana pun, akan lebih baik jika Anda mengurangi atau berhenti merokok ketika menyusui bayi. Pasalnya, semakin banyak rokok yang Anda hisap, semakin besar pula risiko kesehatan yang akan didapat oleh Anda dan bayi. Jika Anda tidak dapat berhenti merokok, minimal Anda harus mengurangi jumlah rokok yang Anda hisap untuk meminimalisir risiko yang akan diterima oleh bayi Anda.

Apa yang terjadi pada bayi ketika mereka terkena asap rokok?

* Bayi dan anak-anak yang terkena asap rokok mempunyai risiko terkena pneumonia lebih tinggi, asma, infeksi telinga, bronkitis, infeksi sinus, iritasi mata, dan sesak napas.

* Kolik pada bayi sering lebih sering terjadi terutama jika ibu yang menyususi atau ayah merokok.

* Ibu yang merokok dan menyusui akan memicu mual, muntah, kram perut dan diare pada bayi.

* Bayi dari ibu atau ayah yang merokok tujuh kali memiliki kesempatan lebih besar meninggal akibat sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

* Anak-anak dari orang tua perokok, dua sampai tiga kali lebih sering berkunjung ke dokter - umumnya karena gangguan pernapasan terkait infeksi atau alergi.

* Anak-anak yang terkena asap rokok di rumah, cenderung memiliki tingkat HDL (kolesterol baik) lebih rendah. Padahal kolesterol ini dapat membantu melindungi anak dari penyakit arteri koroner.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com