Cabe Manakah yang Terpedas?

Kompas.com - 18/02/2012, 11:08 WIB
EditorEgidius Patnistik

LAS CRUES, KOMPAS.com - Di manakah cabai terpedas di dunia? Para peneliti di Universitas New Mexico mengatakan, mereka telah mengidentifikasikan cabai jenis Trinidad Moruga Scorpion sebagai cabai paling pedas di dunia.

Chile Pepper Institute menyatakan, peneliti mereka menanam beberapa jenis cabai yang dikenal sebagai cabai pedas. Setelah panen, cabai-cabai itu dikeringkan dan digiling menjadi bubuk. Capsaicinoids, zat yang memproduksi rasa pedas, dipindahkan dari cabai dan diselidiki dengan saksama.

Dari hasil penelitian tersebut, zat pedas yang dikandung cabai jenis Trinidad Moruga Scorpion mencapai 1,2 juta scoville. Scoville adalah satuan untuk mengukur pedasnya cabai. Cabai terpedas kedua, Chocolate 7-pot, memiliki 1,17 juta scoville.

”Alasan kami melakukan riset ini adalah perlunya kajian ilmiah untuk mengukur level pedasnya cabai,” ujar peneliti Danise Coon. ”Chile Pepper Institute, otoritas terkemuka soal cabai, adalah tempat yang logis untuk mengadakan penelitian tentang cabai,” ujar Coon.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.