Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjaga Performa Seks di Sepanjang Usia

Kompas.com - 20/02/2012, 15:19 WIB

Kompas.com - Seiring dengan bertambahnya usia, keinginan seseorang untuk melakukan hubungan seks umumnya akan menurun. Hal ini biasanya dipicu karena adanya perubahan hormon dalam tubuh, khususnya pada perempuan, serta faktor kelelahan dan mungkin rasa bosan.

Dengan bertambahnya usia perempuan, hormon mereka akan mulai mengalami penurunan. Perubahan hormon dapat menyebabkan nyeri selama senggama karena kekeringan pada vagina akibat rendahnya kadar estrogen.

Dr Judi Chervenak, spesialis reproduksi dan endokrinologi mengatakan, keinginan melakukan hubungan seks pada perempuan sangat tergantung pada faktor hormonal dan emosional.  Untuk mengatasinya ia memberikan beberapa tips sederhana bagi Anda dan pasangan untuk menjaga energi seksual tetap terjaga, tidak peduli berapa pun usia Anda:

1. Gunakan lubrikan

Seks harus menyenangkan untuk kedua pasangan. Jika Anda mengalami ketidaknyamanan selama berhubungan seks, mungkin bisa mencoba lubrikan. Lubrikan merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah kekeringan pada vagina, dan meningkatkan kepuasan seks. Demi keamanan, pilihlah jenis lubrikan yang berbahan dasar air gel.

2. Olahraga secara teratur

Ketika Anda berolahraga secara teratur, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang membantu membuat Anda merasa lebih baik. Olahraga khusus seperti latihan kegel sangat direkomendasikan karena dapat memperkuat otot-otot panggul dan membantu seorang wanita dalam meningkatkan performa seksualnya.

3. Berkomunikasi secara terbuka

Komunikasi menjadi faktor terpenting untuk menciptakan hubungan seksual yang baik. Membangun komunikasi yang jujur dan terbuka dengan pasangan Anda akan membuat hubungan Anda menjadi lebih romantis. Apabila Anda sedang tidak merasa bergairah untuk melakukan hubungan seks komunikasikan dengan cara yang jelas dan penuh kasih. Dengan cara ini, pasangan Anda tidak perlu bertanya-tanya dan mengetahui apa yang Anda inginkan.

4. Makanan afrodisiak

Meskipun tidak ada penegasan ilmiah terkait hal ini, tapi beberapa afrodisiak alami seperti anggur, tiram, dan dark chocolate dipercaya dapat membangun mood Anda untuk saat berhubungan.

5. Obat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com