Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga Berlebihan Memicu Radikal Bebas

Kompas.com - 21/02/2012, 20:39 WIB

KOMPAS.com - Salah satu bagian dari pola hidup sehat adalah dengan rutin berolahraga. Jika olahraga dilakukan dengan cara yang tepat, Anda bisa menangkal radikal bebas masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit. Namun jika dilakukan dengan cara yang salah, olahraga justru akan menyebabkan timbulnya penyakit dalam jangka panjang, demikian menurut dr Samuel Oetoro, MS, SpGK, dokter spesialis gizi klinis.

Frekuensi olahraga yang berlebihan dan mengakibatkan Anda terlalu lelah, misalnya, bukanlah hal yang disarankan. Menurut Samuel, olahraga yang berlebihan akan menghasilkan radikal bebas dalam tubuh yang berpotensi menyebabkan penyakit. "Hindari olahraga sampai ngos-ngosan," ujarnya, saat peluncuran label buah nusantara di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Radikal bebas bisa disebabkan oleh faktor eksternal, seperti rokok, zat kimia, sinar UV, makanan, dan polutan. Tetapi, ada pula faktor internal yang mampu menghasilkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Radikal bebas juga bisa dihasilkan saat kita bernafas, namun dalam jumlah yang masih bisa ditolerir. Radikal bebas ini terbentuk sebagai produk sampingan dari proses oksidasi atau pembakaran dalam tubuh. Namun, jumlah radikal bebas yang diproduksi tidak bisa ditolerir tubuh lagi ketika tubuh sudah melakukan kerja yang berat seperti olahraga berlebihan.

Olahraga berlebihan akan membuat tubuh membutuhkan suplai oksigen yang sangat banyak, sehingga peningkatan ini akan memicu timbulnya radikal bebas dalam tubuh. Jika gaya olahraga semacam ini dilakukan dengan frekuensi yang sering, maka akan terjadi penumpukan radikal bebas dalam tubuh yang kelak menyebabkan penyakit kronis seperti serangan jantung dan kanker. Selain berbagai penyakit ini, radikal bebas juga bisa berdampak buruk pada kulit, dan bisa membuat kulit menjadi rusak dan menyebabkan penuaan dini.

Untuk menghindari penumpukan radikal bebas dalam tubuh, hindari melakukan olahraga berlebihan. Jika sudah merasa lelah, sebaiknya beristirahatlah sebentar dan atur pernafasan agar normal kembali. Supaya lebih maksimal, atur juga pola makan Anda. Konsumsi berbagai makanan yang mengandung antioksidan. "Makanlah buah dan sayur dengan teratur untuk menangkal terbentuknya radikal bebas dalam tubuh," saran Samuel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com