Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Mitos Seputar Salad yang Wajib Diketahui

Kompas.com - 25/02/2012, 07:55 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Salad yang dibuat dari campuran buah dan sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang rendah kalori dan tinggi serat. Ada banyak jenis salad, termasuk di antaranya salad sayuran, salad pasta, kacang-kacangan, telur, atau biji-bijian, salad campuran daging, unggas, atau makanan laut, dan salad buah. Beberapa jenis salad ini juga lebih nikmat jika disajikan dalam bentuk dingin.

Tetapi di balik semua berita baik tentang manfaat salad di atas, masih ada saja anggapan keliru yang berkembang di masyarakat tentang makanan sehat ini.  Berikut lima mitos seputar salad yang paling populer seperti dikutip Netdoctor

1. Mitos: salad dibersihkan memakai air yang mengandung klorin

Pastikan Anda terlebih dahulu mencuci salad sebelum mengonsumsinya. Beberapa produsen umumnya akan yang memasukkan sedikit kandungan klorin dalam air untuk mencuci sayur, tapi hal ini tidak dianggap terlalu membahayakan.

Klorinasi adalah proses penghilangan kuman penyakit dan mikroorganisme dalam air ledeng, air bersih atau air minum. Proses klorinasi tersebut sangat efektif untuk menghilangkan kuman penyakit, tetapi di balik keampuhannya itu, kadar klorin yang tinggi juga berbahaya bagi kesehatan.

Namun demikian, saat ini sudah semakin banyak produsen yang tidak menggunakan klorin dalam air cucian, melainkan dengan menggunakan mata air murni.

2. Mitos: salad membosankan

Jika Anda selalu menggonsumsi jenis salad yang sama setiap hari seperti misalnya salada, tomat dan mentimun, wajar saja jika Anda menjadi bosan.

Bagaimana mengatasinya? Kuncinya adalah bereksperimen. Mulailah dengan mencoba untuk mengonsumsi sayuran yang berbeda seperti misalnya bayam, daun singkong, pepaya dan menambahkan rempah-rempah segar seperti ketumbar, peterseli dan kemangi. Kombinasi ini akan membawa rasa yang baru pada lidah Anda.

Selain itu, Anda juga dapat bereksperimen dengan mencoba sejumlah bahan lainnya seperti lobak, seledri, daun bawang, bit, bawang merah, paprika, wortel, buncis, kacang merah merah, kacang polong, jagung manis dan jamur.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+