Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Syarat Agar Ibu Bekerja Lancar Menyusui

Kompas.com - 29/02/2012, 09:22 WIB

TANYA :

Pada tahun 2009, saya melahirkan bayi perempuan secara bedah caesar , dan air susu saya keluar hanya sedikit sekali sehingga anak saya tidak bisa menyusui.  Kondisi itu akhirnya membuat bayi saya harus minum susu formula, padahal saya sudah berupaya dengan berbagai cara, mulai dari minum obat lancar asi sampai makan kacang-kacangan. Menurut dokter, kemungkinan hal itu karena HB saya rendah dan stres yang dialami karena saya wanita pekerja.  Bagaimana caranya agar asi bisa keluar dengan deras, mohon bantuannya, karena saya ingin punya anak kembali dan ingin menyusui? Terima dan mohon penjelasan

(Dini, 31, Jakarta)

 

 

JAWAB:

Hai mom Dini. Wah, senang sekali deh baca semangat mom Dini, meskipun anak pertama kurang lancar menyusuinya tapi tidak lantas menyerah dan tetap berusaha untuk bisa memberikan ASI jika punya anak lagi.  Keberhasilan menyusui ditentukan oleh beberapa hal, dan memang idealnya seorang (calon) ibu mendapatkan hal-hal ini sehingga kegiatan menyusuinya berjalan dengan lancar.  Setidaknya ada tiga hal yang dapat membantu agar proses menyusui menjadi lancar.

1. Mendapatkan informasi dan edukasi yang tepat dari sumber yang terpercaya tentang ASI dan menyusui. Makanya, saya menyarankan mom Dini untuk mengikuti kelas edukASI yang diselenggarakan AIMI.

2. Dukungan semua pihak, yang terpenting suami dan keluarga, serta rumah sakit dan dokternya. Cari tempat bersalin yang mendukung IMD, ASI eksklusif dan rawat gabung, serta cari tenaga kesahatan yang pro ASI. lebih bagus lagi kalau dokternya juga seorang konselor menyusui atau seorang konsultan laktasi. Pastikan bahwa mom Dini punya nomor telpon klinik laktasi atau konselor menyusui yang bisa dihubungi apabila menghadapi tantangan seputar menyusui. Bergabung dengan kelompok pendukung inu menyusui seperti milis Asiforbaby, bergabung jadi member AIMI atau ikutan pertemuan kASIh ibu.

3. Perlindungan terhadap hak-hak ibu bekerja untuk tetap dapat memberikan ASI eksklusif kepada bayinya meskipun sudah kembali bekerja. Perusahaan memberikan dukungan dalam bentuk waktu/kesempatan memerah selama jam kerja dan fasilitas/ruangan untuk memerah ASI.

Pikiran yang positif, tenang dan percaya diri juga sangat menentukan keberhasilan menyusui...dan yang terpenting, susuilah bayi anda sepenuh hati. Salam ASI!
 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com