Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpilih Tiga Ide Peningkatan Kualitas Kota

Kompas.com - 09/03/2012, 15:13 WIB

Kompas.com - Sebagai kota dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat, Jakarta dan kota-kota besar di Indonesia dianggap masih memiliki standar kelayakan huni kota yang rendah. Selain tingkat polusi yang tinggi, tingkat stres dan angka kejadian penyakit tidak menular tergolong tinggi. Upaya untuk meningkatkan standar tersebut salah satunya dilakukan oleh Philips melalui program The + Project.

Selama delapan minggu program kompetisi telah terkumpul 603 ide yang dibagi dalam tiga bidang, yakni kelayakan huni kota (livable cities), layanan kesehatan berkualitas (access to healthcare), serta gaya hidup sehat (healthy living).

Program yang dimulai pada bulan November 2011 itu berhasil menemukan tiga pemenang, yakni Rina Susanti dengan ide Mendeteksi Dini Kanker Payudara pada kategori akses kesehatan, Bunga Sirait dengan ide Chef ke Kantin Sekolah pada kategori gaya hidup sehat, serta Suhartanto Nugroho dengan ide Mencipatakan Taman Publik & Halte yang Ramah Energi Listrik pada kategori Kota Layak Huni.

Pengumuman pemenang itu dilakukan hari ini, Jumat (9/3/12) di Jakarta. "Kami sangat gembira dengan sambutan luar biasa dari masyarakat. Semoga ide-ide positif seperti ini kelak bisa direplikasi dengan bantuan banyak pihak," kata Robert Fletcher, presiden direktur Philips Indonesia.

Ia menambahkan, selain ide yang inovatif, faktor kemudahan implementasi juga menjadi faktor penilaian pemenang. Setiap ide pemenang akan diwujudkan dengan biaya sekitar 50.000 dollar Amerika (sekitar Rp 400 juta).

Ridwan Kamil, arsitek yang menjadi salah satu juri program ini mengatakan kualitas hidup di Jakarta termasuk terendah. Salah satu indikatornya adalah kemacetan jalan dan minimnya ruang terbuka hijau di perkotaan.

"Ketidakseimbangan antara pembangunan ekonomi dengan kepentingan ekologi dan sosial warga kotanya bisa meningkatkan angka kesakitan yang dipicu oleh stres dan polusi," katanya.

Selain di Indonesia, The + Project baru saja diluncurkan di Thailand dan akan menyusul di negara-negara Asia Pasifik lainnya sebagai upaya untuk peningkatan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com