Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Negara Jalani Operasi Kandung Empedu

Kompas.com - 16/03/2012, 06:25 WIB
Hindra Liu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ibu Negara Ani Yudhoyono, yang menderita radang kandung empedu, akan menjalani operasi pengangkatan kandung empedu beserta batunya di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (16/3/2012) pukul 08.00 WIB.

Sebelum menjalani operasi yang diperkirakan berlangsung satu jam, Ibu Negara telah menjalani perawatan di rumah sakit tentara tersebut sejak Kamis (15/3/2012) pukul 10.00 WIB.

Ketua Tim Dokter Kepresidenan Brigjen Aris Wibudi mengatakan, ada tiga dokter bedah yang menangani operasi. Operasi pengangkatan kandung empedu beserta batunya, kata Dokter Aris, telah banyak dijalani oleh para pejabat dan masyarakat umum.

"Jadi mudah-mudahan tidak ada kendala. Operasi ini sendiri, menurut tim bedah, sudah dilakukan sejak tahun 1881," kata Dokter Aris di RSPAD Gatot Subroto, Kamis, ketika ditanya apakah operasi ini memiliki risiko tertentu.

Tim dokter kepresidenan, kata Dokter Aris, mengupayakan kesehatan Ibu Ani seprima mungkin. Seusai menjalani tindakan operasi, Ibu Ani diperkirakan memerlukan waktu selama dua hari untuk pulih kembali.

Operasi pengangkatan kandung empedu beserta batunya ini dikatakan tak menghalangi tugas Ibu Negara mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan lawatan ke luar negeri pada 23-28 Maret 2012.

"Sementara ini (jadwal lawatan ke luar negeri) masih sebagaimana direncanakan. Belum ada perubahan rencana kunjungan kenegaraan minggu depan," kata Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha.

Terkait rencana kunjungan ke luar Negeri, Presiden dijadwalkan berkunjung ke Beijing, RRC, pada tanggal 23-25 Maret 2012. Pada kesempatan itu, Presiden dijadwalkan bertemu, di antaranya, Presiden Hu Jintao, Ketua DPR China Wu Bangguo, Perdana Menteri Wen Jiabao.

Selanjutnya Presiden akan berkunjung ke Hongkong pada 25-26 Maret 2012 dan bertemu pengusaha Donald Tsang dan komunitas bisnis. Setelah itu, pada tanggal 26-28, Presiden berada di Korea Selatan guna menghadiri KTT Nuklir di Seoul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com