Lemak Trans Picu Perilaku Agresif

Kompas.com - 16/03/2012, 16:19 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Pola makan ternyata ikut berpengaruh pada kepribadian seseorang. Mereka yang kebanyakan mengasup makanan yang tinggi lemak trans cenderung lebih agresif dan mudah marah.

Lemak trans (trans fat) adalah lemak yang buruk karena kerjanya menaikkan kolesterol jahat dan merusak tubuh. Lemak ini banyak terdapat pada minyak kelapa sawit yang dipakai menggoreng, cracker, margarin, donat, muffin, cake, dan makanan cepat saji.

Dalam analisa mengenai pola makan dan perilaku yang dilakukan tim dari California, San Diego School of Medicine terhadap 945 pria dan wanita, ditemukan kaitan antara perilaku negatif seperti sikap kurang sabar, mudah marah, dan agresivitias, dengan konsumsi lemak trans.

"Terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung lemak trans secara signifikan berkaitan dengan sikap agresif dan emosi negatif lainnya," kata ketua peneliti Dr.Beatrice Golomb.

Walau begitu, Golomb mengatakan bahwa hasil penelitiannya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat. Beberapa penelitian sebelumnya telah mengaitkan konsumsi lemak trans dengan gangguan fungsi metabolik, resistensi insulin, serta inflamasi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.