Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lemak Trans Picu Perilaku Agresif

Kompas.com - 16/03/2012, 16:19 WIB

Kompas.com - Pola makan ternyata ikut berpengaruh pada kepribadian seseorang. Mereka yang kebanyakan mengasup makanan yang tinggi lemak trans cenderung lebih agresif dan mudah marah.

Lemak trans (trans fat) adalah lemak yang buruk karena kerjanya menaikkan kolesterol jahat dan merusak tubuh. Lemak ini banyak terdapat pada minyak kelapa sawit yang dipakai menggoreng, cracker, margarin, donat, muffin, cake, dan makanan cepat saji.

Dalam analisa mengenai pola makan dan perilaku yang dilakukan tim dari California, San Diego School of Medicine terhadap 945 pria dan wanita, ditemukan kaitan antara perilaku negatif seperti sikap kurang sabar, mudah marah, dan agresivitias, dengan konsumsi lemak trans.

"Terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung lemak trans secara signifikan berkaitan dengan sikap agresif dan emosi negatif lainnya," kata ketua peneliti Dr.Beatrice Golomb.

Walau begitu, Golomb mengatakan bahwa hasil penelitiannya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat. Beberapa penelitian sebelumnya telah mengaitkan konsumsi lemak trans dengan gangguan fungsi metabolik, resistensi insulin, serta inflamasi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com