Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harum Semerbak Berkat "Potpourri"

Kompas.com - 22/03/2012, 17:58 WIB

KOMPAS.com - Pernah melihat mangkuk kaca berisi bunga kering dipajang di ambalan rumah dan mengeluarkan bau harum semerbak? Itulah potpourri, yang bisa diartikan juga sebagai pundi berisi bunga, buah, dan rempah kering yang sudah diberikan wewangian bernuansa natural untuk menyegarkan ruangan.

Potpourri sangat cocok diletakkan di berbagai area di rumah, seperti kamar tidur, kamar mandi, termasuk ruang keluarga. Baunya yang menenteramkan hati akan memberikan kenyamanan seluruh penghuni dan meningkatkan citra ruang keluarga di rumah.

Selain membeli potpourri dalam bentuk bungkusan siap pakai, kita pun bisa mengeringkan sendiri berbagai jenis bunga, buah, dan rempah pilihan untuk dijadikan potpourri. Anda tertarik? Simak langkahnya:

Kumpulkan bahannya

Pilihlah bunga yang baru mekar dan mengeluarkan bau sedap seperti mawar, melati, kenanga, atau bunga favorit Anda. Anda bisa mencampurnya dengan rempah, seperti kayu manis, cengkeh, kopi, atau daun teh. Bisa juga dikombinasikan dengan buah seperti irisan jeruk atau lemon. Masing-masing bau akan memberikan kesan tersendiri, sehingga haruslah mewakili suasana yang diharapkan.

Pegang dan simpan bahan-bahan segar dengan hati-hati. Jika tergores atau teremas, bahan dapat kehilangan zat berharga yang terkandung. Pilihlah bahan yang bersih dan bebas hama.

Tahap pengeringan

Sebarkan kuntum bunga dan rempah ke atas nampan bersih atau wadah lain yang tersedia, kemudian biarkan hingga mengering. Pengeringan biasanya membutuhkan waktu beberapa hari. Jangan hadapkan nampan langsung ke panas matahari karena akan menjadi garing.

Letakkan di area gelap dengan sirkulasi yang baik. Jangan lupa, selalu kumpulkan bahan 4 kali lebih banyak dari jumlah potpourri yang dibutuhkan karena akan menciut dalam proses pengeringan.

Membuat potpourri

Simpan bunga, buah, dan rempah kering ke dalam kantung bersih. Saat akan menggunakan, letakkan di mangkuk cantik, lalu tambahkan minyak aromaterapi beberapa tetes. Jangan terlalu banyak meneteskan karena akan berbau terlalu menyengat. Anda pun bisa menyimpan potpourri ke dalam kantung cantik untuk dihadiahkan pada kerabat dan orang tercinta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com