Sulit Hamil Setelah Keguguran

Kompas.com - 03/04/2012, 10:13 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
 
Siang dok, 16 bulan yang lalu saya keguguran dan di kuret. Haid saya selama ini lancar dan tidak nyeri. Setelah di USG beberapa kali oleh 3 dokter SPOG yang berbeda disebutkan  bahwa kondisi rahim saya bagus. Saya juga telah meminum vitamin/obat yang diresepkan dokter. Analisa sperma suami saya normozospermia. Tetapi sampai sekarang saya belum hamil juga. Apa yang harus saya lakukan dok agar cepat hamil. Terimakasih.
 
Devi (23)


JAWAB:

Ibu Devy Yth

Kalau memang hasil dari pemeriksaan fisik organ ginekologinya normal, sperma juga normal, maka ibu lanjutkan saja dengan program hamil. Di picu dengan obat. Kita pantau 2 bulan. Bila belum hamil, ibu boleh periksa HSG untuk mengetahui saluran tubanya. Mudah-mudahan tidak ada sumbatan. Selanjutnya ibu bisa melakukan program inseminasi. Disamping itu untuk memperbesar peluang kehamilan, ibu upayakan cukup makanan yang bergizi dan cukup istirahat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.