Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan Telur Bikin Jerawatan

Kompas.com - 04/04/2012, 11:16 WIB

T:   
Telur sangat baik bagi tubuh karena tinggi akan protein, tapi saya punya alergi dengan kuning telur, karena setiap makan telur pasti akan tumbuh jerawat. Gimana cara mengonsumsinya supaya tidak merugikan bagi tubuh? Terima kasih. (Ita, 24)

J:
Terima kasih kembali Ita,
Alergi makanan merupakan suatu reaksi klinis yang tidak diinginkan terhadap makanan yang dikonsumsi. Sebenarnya semua makanan dapat menimbulkan reaksi alergi, namun antara satu makanan dengan makanan lainnya mempunyai derajat alerginitas yang tidak sama. Bagian dari telur yang sering menimbulkan alergi adalah putih telur karena mengandung sekitar 23 glikoprotein, dan yang sering menimbulkan alergi berasal dari fraksi ovalbumin, ovomukoid, dan ovotransferin.

Saat ini sudah dikembangkan cara modern untuk mengatasi alergi melalui nutrisi yang dapat mencegah dan menekan reaksi inflamasi yang ditimbulkan seperti:
* Eliminasi makanan yang diduga menyebabkan alergi. Ita tidak perlu khawatir dengan nilai gizi yang terdapat dalam telur karena masih banyak bahan makanan lain yang juga memiliki nilai gizi yang tidak kalah dengan telur.
* Jika masih tetap ingin mengonsumsi telur, Ita dapat memastikan apakah putih telur atau kuning telur yang membuat alergi. Jika kuning telur yang menyebabkan alergi maka penggunaan putih telur masih tetap bisa dilakukan. Putih telur sangat kaya akan protein. Adapun komposisi kuning telur (seperti pada tabel) masih dapat digantikan dengan bahan makanan lain yang juga memiliki komposisi zat gizi yang hampir sama seperti ikan, daging ayam, daging sapi, seafood, dan lain sebagainya.


Karbohidrat

0,6 g

Kolesterol

210 mg

Protein

2,7 g

Omega 3

38,8 mg

Lemak

4,5 g

Omega 6

601 mg


    
* Jika masih ada komposisi telur yang termakan dan tetap terjadi alergi, dapat diberikan tambahan nutrien spesifik seperti antioksidan (vitamin A, B, C, E, zinc, selenium) maupun asam lemak terutama omega 3.
* Sampai saat ini belum ada pengolahan telur dengan cara tertentu yang akan mengurangi alergi, karena komponen yang ada dalam telur itu sendiri yang menyebabkan alergi, jadi satu satu caranya hanya dengan menghilangkan atau mengurangi komponen tersebut sehingga tubuh dikenalkan secara sedikit-sedikit dengan alergen.
* Tidak ada salahnya untuk selalu mengonsumsi probiotik (dalam yoghurt, kimchi, dan lain-lain) yang berfungsi sebagai imunomodulator, sehingga bisa meningkatkan daya tahan tubuh terhadap faktor alergen yang ada.
* Jika reaksi alergi berupa jerawat masih bertahan, sebaiknya Ita memeriksakan diri ke dokter terdekat apakah jerawat tersebut timbul karena alergi atau karena infeksi oleh bakterial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com