Mengapa Tidak Haid Selama 2 Tahun?

Kompas.com - 04/04/2012, 11:34 WIB
EditorLusia Kus Anna


TANYA:
 
Saya sudah menikah tahun 2010 tetapi 3 bulan yang lalu bercerai. Yang ingin saya tanyakan, saya jarang menstruasi, bahkan dalam 2 tahun terakhir ini tidak haid sama sekali. Apakah ada masalah dengan kandungan saya? Saya sudah coba cek dan periksa ke dokter kandungan jawabannya selalu sama, karena hormon. Kemudian saya diberi pil hormon dan itu membuat saya gemuk. Sebenarnya apakah ada solusi lain yang lebih baik dok? Terima kasih.
 
Upik Noviana (24), Bengkulu


JAWAB:

Ibu Upik Yth.

Kalau dari data yang ada memang sepertinya ada kelainan hormon karena tidak haid 2 tahun. Saya sarankan ada baiknya ibu cek hormon dulu baru nanti pengobatannya kita sesuaikan dengan hasil pemeriksaan hormon tersebut. Kalau ibu khawatir dengan efek obat, ibu bisa mengupayakan atur diet dan olah raga yang teratur. Demikian pula dengan pola hidup yang teratur. Mudah-mudahan bisa membantu. Amin.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.