Kompas.com - 06/04/2012, 02:26 WIB
EditorAsep Candra

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak lama lagi, produk jamu Indonesia Indonesia bakal menembus pasar Cina. Hal itu dipastikan setelah Asosiasi Gabungan Pengusaha Jamu dan Obat (GP Jamu) berhasil menjalin kesepakatan kerjasama dengan China Chamber of Commerce for Import and Export of Medicine and Health Product.

Demikan diungkapkan Charles Saerang, selaku Ketua Umum Asosiasi Gabungan Pengusaha Jamu dan Obat (GP Jamu), saat acara media gathering PT. Nyonya Meneer, Kamis, (5/4/2012), di Jakarta.

"Terus terang saja, Cina itu merasa bahwa produk asing khususnya Indonesia dianggap sebagai produk yang  punya kelebihan, tetapi susah masuknya," katanya.

Saerang menyampaikan, salah satu isi perjanjian kerja sama tersebut di antaranya adalah saling tukar menukar informasi terkait permasalahan yang dihadapi oleh kedua negara dalam mengembangkan jamu dan saling membantu mengenalkan produk dan teknologi baru kepada pasar lokal di masing-masing negara.

"Semua produk herbal kita bisa masuk ke Cina dengan catatan dalam bentuk makanan dan minuman," katanya.

Menurut Saerang, saat ini pihaknya tengah fokus pada pengembangan jamu dengan berbahan dasar temulawak, jahe, pegagan, kencur dan  sambiloto untuk dieskpor ke Cina. Bahkan menurutnya, lima tanaman unggulan pengusaha jamu tersebut sudah dibuat penelitiannya dan diharapkan dapat mengobati empat penyakit seperti rematik, diabetes, liver dan darah tinggi.

"Kita akan siapkan ekstraknya. Kelimanya sudah siap dipasarkan dan tinggal cari local partner," sambungnya.

Saerang berharap kerjasama tersebut bisa terealisasikan segera pada tahun ini. "Diharapkan ke depannya tanaman jamu kita bisa menjadi tanaman unggulan untuk ekspor," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.