Bukan Akibat Masturbasi

Kompas.com - 09/04/2012, 07:41 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Prof, saya pria yang sering onani/masturbasi. Dalam seminggu bisa 1-2 kali. Sebelumnya, kondisi  penis saya normal, tegang dan keras saat ereksi. Namun, terakhir ketika saya bangun tidur pagi, yang semalamnya saya selesai onani, penis saya terlihat lemas. Padahal, biasanya selalu ereksi maksimal setiap pagi. Saya coba pancing-pancing, namun penis saya tetap tidak bisa ereksi sampai seharian, keesokan harinya ketika saya rangsang lagi, penis saya dapat ereksi, namun tidak semudah biasanya. Ereksi yang saya rasakan juga tidak seperti biasanya yang tegang maksimal. Ereksi yang saya alami sampai saat ini adalah hanya penis saya yang membesar, tidak tegang seperti biasanya. Padahal, saya sedang tidak mengalami stres atau kecapean, seperti kata beberapa artikel penyebab disfungsi ereksi yang saya baca. Apakah yang sedang terjadi dengan saya dok?

(Richardio, 19, Jakarta)

 

JAWAB :

Masturbasi atau onani tidak menimbulkan akibat apapun, termasuk fungsi ereksi. Artinya kalau Anda tidak mengalami ereksi pagi hari bukan berarti itu akibat masturbasi.

Tetapi mungkin terjadi, ereksi pagi tidak terjadi kalau malamnya Anda melakukan masturbasi atau hubungan seksual. Percayalah, setelah melewati fase istirahat, ereksi pagi atau malam hari akan terjadi lagi asal tidak ada gangguan atau penyakit yang Anda alami.

Jadi jangan cemas dengan apa yang Anda alami itu.  

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.