Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati Testosteron pada Anak

Kompas.com - 11/04/2012, 07:39 WIB

TANYA :

Salam sehat Prof. Saya sempat membaca konsultasi minggu lalu bahwa ada cara untuk memperbesar ukuran penis yaitu dengan memberikan suntikan hormon testosteron. Yang ingin saya tanyakan adalah apakah ada batasan umur untuk penyuntikan hormon tersebut ? Karena ada keponakan saya umur 5 tahun kok kelihatannya penisnya kecil sekali.  Apakah bisa umur 5 tahun disuntik hormon? Dan kalau untuk orang dewasa berapa batas usia makimalnya? Apakah ada efek samping dari penyuntikan tersebut? Terimakasih atas jawabannya.

(Damar, 42, Jakarta)


JAWAB :

Semoga Anda tidak salah mengartikan penjelasan mengenai hormon testosteron. Hormon ini bermanfaat antara lain dalam perkembangan organ kelamin termasuk penis. Kalau seseorang sudah melewati masa remaja atau dewasa tetapi mengalami kekurangan hormon testosteron, maka dengan pengobatan perkembangan kelaminnya dapat terjadi.

Tetapi, pada umumnya testis tidak dapat berkembang karena sudah atrofi. Namun, pada anak-anak pengobatan dengan hormon testosteron untuk membantu perkembangan kelamin, sebaiknya tidak dilakukan. Salah satu efek samping yang harus dihindari pada anak-anak adalah terhentinya pertumbuhan tinggi. Ada pilihan hormon lain untuk anak-anak.   
 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com