Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Kecewa, Saya Berkhayal Membunuh Orang

Kompas.com - 13/04/2012, 06:24 WIB

TANYA :

Dear Dokter, jika saya kecewa, marah (terutama terhadap orang tua), seringkali saya mengkhayalkan orang-orang tersebut celaka atau paling parah..mati. Bahkan, terkadang saya membuat plot untuk 'merencanakan' pembunuhan di kepala saya. Entah kenapa, saya cenderung sangat tega terhadap manusia, tapi sebaliknya tidak begitu terhadap hewan. Kekerasan terhadap hewan adalah salah satu yang sangat saya benci. Apakah saya sakit dok? Saya takut suatu saat saya tidak dapat mengendalikan diri dan benar-benar menyakiti orang lain secara fisik. Jika ya, pengobatan/terapi seperti apa yang dapat membantu? Apakah hipnoterapi bisa efektif?

(Mitzi, 29, Bogor)

 

JAWAB :

Mitzi yang baik,

Sering kali pikiran nir sadar manusia begitu "liar" sehingga mampu membayangkan hal-hal yang sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari itu tidak diperkenankan. Kalau kita membaca teori psikoanalisis awal dari Sigmund Freud, beliau mengatakan adanya suatu dorongan lahiriah yang dinamakan ID lalu ada EGO dan SUPEREGO.

Menurut teori Freud ini, ID tentunya merupakan dorongan dasar atau insting dasar manusia yang selalu ingin dipuaskan, namun karena kadang hal tersebut tidak sesuai dengan norma masyarakat dan norma pribadi orang tersebut maka ID akan dibatasi oleh EGO dan SUPEREGO.

Jadi, ada "keinginan" nir sadar (ID) membunuh orang lain karena membenci orang tersebut, tetapi kemudian EGO memberikan respon dengan mengatakan bahwa hal tersebut tidak benar dan diperkuat oleh SUPEREGO bahwa hal tersebut tidak bisa diterima masyarakat, maka keinginan dasar itu "luruh" dengan sendirinya tanpa kadang keluar di tingkat sadar.

Untuk mengerti teori ini memang agak sulit dan membingungkan. Tapi dasar teori ini sering digunakan untuk menjelaskan kepada orang mengapa terkadang ada perasaan kebencian yang besar kepada orang lain yang sulit dilepaskan tetapi sering tidak disadari oleh orang itu sendiri.

Secara klinis apa yang anda alami biasanya berhubungan dengan ciri kepribadian tertentu seperti ciri kepribadian anti sosial. Biasanya orang yang mempunyai ciri kepribadian ini kesulitan untuk berempati dengan orang lain. Dalam kehidupan sehari-hari orang dengan ciri kepribadian ini sering kali merasa nyaman jika orang lain sulit karena ulahnya.

Awam memanggil orang ini dengan sebutan orang dengan ciri psikopat. Untuk mengetahui apakah yang terjadi pada diri anda salah atau tidak maka anda harus memeriksakan diri anda ke psikiater atau psikolog klinis. Nanti anda mungkin akan menjalani beberapa tes untuk menentukan diagnosis anda. Selain itu, mereka yang akan menyarankan terapi terbaik untuk anda. Bila hipnoterapi medis disarankan pada anda, itu artinya memang terapi yang cocok untuk anda saat ini.

Salam sehat Jiwa.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com