Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Cegah Jerawat Dahi Akibat Poni

Kompas.com - 28/04/2012, 16:57 WIB

KOMPAS.com - Potongan rambut poni memang merupakan cara terbaik untuk menyembunyikan dahi yang lebar atau menonjol. Namun apakah Anda memperhatikan bahwa poni membuat dahi Anda cenderung berjerawat?

Jerawat di bagian dahi atau garis rambut biasanya disebabkan kontak antara rambut dan kulit secara terus-menerus, sehingga menumpuk sisa produk penataan rambut ke wajah. Agar dahi tidak malah langganan berjerawat karena poni yang kotor, simak cara untuk mencegah timbulnya problem kulit akibat paparan bahan-bahan kimia melalui rambut.

1. Kenakan aksesori rambut. Menyingkirkan poni dari dahi dengan menggunakan aksesori rambut merupakan cara mudah untuk memberi kesempatan pada kulit untuk bernafas. Tentu saja Anda tidak perlu menjepitnya setiap saat. Poni membuat wajah terlihat lebih muda, itu sebabnya Anda memakai guntingan ini kan? Tetapi ketika sedang tidak butuh memamerkan poni, kenakan bandana misalnya saat beres-beres di rumah, shower cap ketika sedang melakukan perawatan wajah, dan tentunya headband ketika sedang nge-gym. Sesekali pasang bando atau jepit untuk menciptakan penampilan yang berbeda.

2. Gunakan produk perawatan wajah dengan formula yang lembut. Hindari menggunakan facial scrub dengan butiran yang kasar, karena akan memperparah kondisi kulit Anda. Pada malam hari, aplikasikan serum eksfoliasi untuk membantu melenyapkan sel-sel kulit mati, dan oleskan produk perawatan dengan bahan asam salisilat pada kulit yang bermasalah. Selalu sediakan tisu pembersih atau kertas minyak untuk membersihkan sisa-sisa produk perawatan wajah yang berpindah dari rambut ke dahi Anda.

3. Perhatikan cara menata rambut.
Dengan membuat sedikit perubahan, Anda bisa melindungi kulit wajah dari paparan bahan kimia. Ketika akan menggunakan hairspray, semprotkan bahan tersebut pada sisir untuk mencegah hairspray berubah menjadi semacam facial mist karena bahan turut terpapar di wajah. Hindari mengaplikasikan produk di sekitar garis rambut atau langsung ke kulit kepala. Oles atau semprotkan produk pada batang rambut, mulai bagian tengah ke ujungnya. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com