Anak Sering Mimisan, Berbahayakah?

Kompas.com - 03/05/2012, 11:43 WIB
EditorLusia Kus Anna


TANYA:
 
Saya mempunyai anak laki-laki yang berumur 6 tahun. Akhir-akhir ini hidungnya sering mengeluarkan darah ketika baru bangun tidur , terlebih saat kena panas. Mohon penjelasannya dok, apakah kondisi tersebut berbahaya?
 
Atiek Rosiyanti (28), Mataram

JAWAB :

Hidung mengeluarkan darah/mimisan dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya trauma di daerah hidung, faktor pembuluh darah halus di dalam rongga hidung yang terlalu tipis, namun dapat pula sebagai salah satu  tanda dari kelainan hematologi/darah atau keganasan darah.

Kondisi mimisan ini juga dapat dijumpai pada beberapa anak sehat. Biasanya karena faktor tipisnya pembuluh darah halus di rongga hidungnya yang akan pecah spontan terutama saat terkena trauma tumpul, suhu tubuh meningkat/demam, sedang pilek, atau setelah aktifitas fisik. Terlebih bila dalam keluarga ada yang menderita kondisi yang sama.

Selama mimisannya cepat berhenti, tidak disertai pembesaran liver atau limpanya, tidak ada demam yang lama (lebih dari seminggu), biasanya kondisi ini tidak ada apa-apa.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.