Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Otoritas Korsel Waspadai Kapsul Obat Kuat China

Kompas.com - 06/05/2012, 21:52 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com — Otoritas Bea dan Cukai Korea Selatan, Minggu (6/5/2012), berupaya meningkatkan inspeksinya untuk mencegah praktik penyelundupan pil asal China, yang terbuat dari jasad janin atau bayi manusia.

Oleh para pengonsumsinya, kapsul dari "daging manusia" itu diyakini bisa meningkatkan kemampuan seksual mereka. Padahal, sebenarnya kapsul seperti itu justru sangat berbahaya karena mengandung "superbakteri" dan berbagai organisme pembawa penyakit lain.

Kewaspadaan ditingkatkan menyusul semakin tingginya upaya penyelundupan, terutama oleh orang-orang yang datang dari tiga kota di China, seperti Yanji, Qingdao, dan Tianjin.

Ketiga kota itu diyakini menjadi tempat produksi pil. Sampai sekarang, 35 upaya penyelundupan dengan total 17.451 kapsul berhasil diungkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com