Penis Memendek Setelah Operasi

Kompas.com - 10/05/2012, 08:43 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dr Wimpie Yth, nama saya Rio, umur 31 tahun. Pada 2007 yang lalu, saya menjalani operasi pangangkatan testis sebelah kiri, karena sejak lahir testis sebelah kiri tidak ikut terisi ke kantong buah pelir alias tertinggal di atasnya. Setelah saya melakukan pemeriksaan ke dokter, lalu kemudian dokter menyarankan saya harus dioperasi untuk mengangkat testis sebelah kiri yang tertinggal (tidak terisi ke kantong buah pelir). Setelah saya dioperasi tahun 2007 yang lalu, kemudian ada beberapa keluhan yang saya khawatirkan sebagai berikut : Pertama: Ukuran penis saya sebelum operasi adalah 12 cm, namun setelah saya di operasi hingga saat ini penis saya mengalami penyusutan dan apabila ereksi hanya mencapai 8 cm; Kedua saya mengalami gangguan ereksi pada penis alias Ejekulasi Dini. Pertanyaan saya: Apa yang terjadi dengan saya dan apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi keadaan ini. Apakah ukuran penis saya dapat di pulihkan kembali? Ke dokter apa saya harus berobat. Terima Kasih

(Rio, 31, Yogyakarta)


JAWAB
:

Pada usia dewasa, kalau terjadi salah satu testis tidak turun ke dalam kantungnya, maka testis itu sudah tidak berfungsi, termasuk tidak memproduksi hormon testosteron. Tetapi kalau ada satu testis lainnya yang berfungsi, mungkin testosteron cukup untuk melakukan fungsinya. Tetapi mungkin juga tidak cukup melakukan fungsinya. 

Tindakan operasi dlakukan untuk mengangkat testis yang tidak turun itu agar tidak menimbulkan akibat buruk lebih lanjut, antara lain mungkin dapat menjadi tumor ganas. Tetapi pengangkatan testis yang tidak berfungsi itu tidak berpengaruh atau tidak mengakibatkan ukuran penis menjadi lebih pendek, ereksi, atau ejakulasi dini.

Saya sarankan Anda memeriksakan diri untuk memastikan apa yang sebenarnya terjadi, khususnya yang berkaitan dengan ukuran penis yang memendek dan gangguan ereksi serta ejakulasi dini. Pengobatan diberikan sesuai dengan gangguan apa yang terjadi  dan penyebabnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.