Cepat dan Hemat, Bersih-Bersih Tanpa Zat Beracun

Kompas.com - 10/05/2012, 14:02 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Jangan hamburkan uang untuk produk pembersih, karena sebetulnya banyak di antaranya yang mengandung kandungan berbahaya. Kabar baiknya, kita bisa membersihkan dengan zat non-toksik atau zat tak beracun, ditambah dengan bonus hemat waktu.

Membersihkan perabot dan appliances seringkali memancing kita untuk memanfaatkan pembersih mengandung zat kimia berbahaya. Tak hanya merusak tubuh, zat kimia tertentu seringkali membuat kerusakan pada material jika digunakan melebihi takaran.

Saat ini, risiko tersebut bisa dikurangi bila kita mengenal zat-zat tak berbahaya. Zat ini bisa berasal dari bumbu masak atau tanaman yang bisa ditemui sehari-hari di sekitar kita. Untuk itu, simak cara membersihkan perabot dan perkakas rumah tangga dengan zat tak beracun ini:

Mengilapkan panci tembaga

Panci tembaga begitu kusam dan kotor? Coba pakai ketchup (saus tomat botolan)! Asam di dalam tomat dan vinegar adalah pembersih alamiah yang hebat. Caranya, oleskan ketchup secukupnya pada pot. Diamkan 10 menit, lalu bilas. Pot tembaga Anda akan bersinar tanpa zat kimia keras dan tak perlu digosok.

Membersihkan oven kotor

Tak suka bau dan kotornya uap dari dalam oven? Campur 1 cup air dan 2 sendok makan Tang (bubuk jeruk untuk minuman) dan lap oven. Diamkan 10 menit, lalu lap bersih. Tang mengandung citric acid, yaitu pembersih minyak alamiah yang membantu melarutkan noda gosong.

Mengilapkan alat berkebun dengan teh

Alat berkebun Anda berkarat dan tampak kotor? Tak perlu beli pembersih khusus untuk karat. Gunakan cara lebih murah berikut ini; seduh beberapa pot teh kental. Kemudian, biarkan teh menjadi dingin, lalu tuang ke dalam ember. Langkah berikutnya, rendam alat berkebun yang berkarat selama beberapa jam atau semalam. Setelah itu, lap kering dan bersihkan. Tannic acid di dalam teh telah membersihkan karat pada perkakas kebun Anda. (Richardus Setia Gunawan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.