Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Menggosok Gigi yang Baik

Kompas.com - 10/05/2012, 16:29 WIB

TANYA :

Dear dokter, saya memiliki kebiasaan menyikat gigi di pagi hari pada saat mandi setelah bangun tidur. Kemudian, saya sarapan dan setelah itu tidak menyikat gigi. Saya baru menyikat gigi lagi ketika akan pergi tidur di malam hari. Apakah kebiasaan itu baik atau kurang baik, atau haruskah jadwal menggosok gigi saya diubah?

(Naura, 25, Jakarta)

JAWAB :

Sebaiknya jadwal menyikat gigi anda diubah, karena masih kurang tepat. Frekuensi menyikat gigi yang baik minimal 2 kali sehari, dengan waktu yang tepat untuk menyikat gigi adalah pada saat pagi setelah sarapan, dan sebelum tidur malam.

Dalam waktu 4 jam, bakteri mulai bercampur dengan makanan dan membentuk plak gigi. Menyikat gigi setelah makan bertujuan untuk menghambat proses ini.

Lebih baik lagi, jika anda menambah waktu menyikat gigi anda setelah makan siang, atau minimal berkumur air putih setiap habis makan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com