Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gejala Alzheimer di Usia Muda

Kompas.com - 24/05/2012, 09:22 WIB

TANYA :

Dok, berdasarkan keterangan yang saya baca di internet, ciri-ciri orang terkena penyakit Alzheimer itu adalah sangat pelupa, dalam cara berkomunikasi akan monoton (cenderung sering mengulangi kosa kata yang sama), terkadang tidak dapat mengerti apa yang disampaikan lawan bicara kita, sering stres dan banyak lagi. Berdasarkan dari keterangan itu, saya merasa ada banyak kecocokan dengan ciri-ciri yang disebutkan. Apakah hal itu berarti saya mengidap penyakit Alzheimer? Adakah upaya yang bisa saya lakukan untuk melawan penyakit itu? Terimakasih

(Ermi, 19, Bandung)


JAWAB :

Ermi yang baik,

Penyakit Alzheimer termasuk dalam sub tipe penyakit demensia, suatu penyakit degeneratif yang banyak diderita oleh pasien yang usianya sudah lanjut. Beberapa kasus penyakit demensia Alzheimer memang bisa diderita oleh orang yang lebih muda misalnya di usia 50an tapi dari penelitian dan literatur penyakit ini tidak dialami oleh orang yang semuda anda.

Apa yang anda alami dan keluhkan mungkin menurut saya lebih disebabkan karena faktor kecemasan atau ketidakmampuan dalam beradaptasi dengan lingkungan. Hal ini bisa menyebabkan kesulitan konsentrasi sehingga anda menjadi seperti pelupa atau kurang memahami lawan bicara anda. Yang perlu dilakukan adalah mencoba mencari pemicu kecemasan anda itu dan berusaha beradaptasi dengannya.

Kebanyakan pada usia seperti anda hal ini disebabkan karenanya kesulitan adaptasi lingkungan dan faktor kepribadian yang belum sepenuhnya matang. Jika kesulitan membantu diri sendiri anda bisa berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog klinis di kota anda. Salam Sehat jiwa

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com