Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serba-Serbi Pertanyaan Seputar Menstruasi

Kompas.com - 26/05/2012, 07:40 WIB

Ada apa sih sebenarnya dibalik serba-serbi menstruasi yang notabene hanya dialami para kaum perempuan dalam usia reproduksi?

Yuk kita lihat bersama beberapa hal seputar menstruasi. Enggak perlu khawatir, kita tak akan belajar teori yang rumit dan njlimet kok. Santai aja..saya coba jelaskan yang praktis-praktis saja agar mudah dipahami. Jika sahabat ingin teori lengkapnya, informasi dapat diperoleh melalui banyak situs lain di jagat maya.

Apa sih yang dimaksud dengan menstruasi itu ?

Menstruasi atau haid seringkali disebut kaum cewek ”datang bulan ”, definisi teoritisnya adalah : pelepasan dinding endometrium (dinding dari lapisan rahim) disertai keluarnya darah terjadi secara periodik dan teratur tiap bulan.

Mulai usia berapa sih anak perempuan mendapatkan menstruasi?

Usia tiap anak perempuan mendapat haid sangat bervariasi yakni antara umur 10 tahun hingga 16 tahun. Namun akhir-akhir ini usia anak perempuan mendapat menstruasi pertama semakin muda. Kapan saat mendapat menstruasi pertamakali sangat tergantung dari banyak hal, antara lain faktor keturunan, gizi, keseimbangan zat pengatur pertumbuhan (hormon), faktor psikologis dan sebagainya.

Apa syarat agar seorang perempuan bisa menstruasi ?

Untuk dapat terjadi menstruasi maka perlu adanya fungsi vagina, rahim, indung telur dan adanya hubungan yang sinergis dari hipotalamus - susunan syaraf pusat dengan indung telur. Hubungan ini digambarkan dengan terciptanya kekompakan sistem kerja hormon dalam tubuh seorang perempuan terutama hormon steroid (estrogen dan progesteron)

Seorang perempuan mempunyai dua indung telur atau disebut juga ovarium. Secara periodik setiap satu siklus kira-kira pada hari ke 14 ada salah satu sel telur matang yang dilepaskan dari indung telur. Bila tidak ada pertemuan sel sperma dan sel telur maka pembuahan tidak terjadi. Nah karena sel telur tidak dibuahi akan menyebabkan dinding rahim meluruhkan lapisan endometrium, terjadilah menstruasi.

Mengapa saat menstruasi ada yang mengeluh nyeri atau kram perut ?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com