Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengukur Testis

Kompas.com - 01/06/2012, 16:27 WIB

TANYA :

Prof, saya ingin bertanya mengenai kondisi testis saya. Mengapa testis saya sangat kendor seperti buah yang menggantung saja dan lembek apalagi saat panas atau sehabis olahraga. Apakah hal ini dapat berpengaruh terhadap pada kualitas sperma dan peluang untk mendapatkan keturunan nanti ? Bagaimanakah bentuk atau kondisi testis yang normal itu?

(Miftah, 20, Tangerang)

JAWAB :

Lokasi tetis antara lain dipengaruhi oleh temperatur. Karena itu wajar kalau testis cenderung lebih rendah pada saat panas dan naik pada saat dingin. Begitu juga ketika terangsang, testis cenderung lebih tinggi letaknya.

Keadaan ini normal saja dan tidak ada pengaruhnya terhadap produksi sperma. Tetapi normal tidaknya testis tentu berpengaruh terhadap produksi sperma, yang berarri berpengaruh terhadap kesuburan. Misalnya testis yang pernah mengalami infeksi dapat mengalami akibat yang menyebabkan volumenya mengecil atau menjadi tidak licin dibandingkan yang normal.

Untuk mengetahui apakah testis normal atau tidak, tentu diperlukan pemeriksaan. Volume dan kekenyalan testis dapat diperiksa untuk menentukan normal atau tidak.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com