Mengukur Testis

Kompas.com - 01/06/2012, 16:27 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Prof, saya ingin bertanya mengenai kondisi testis saya. Mengapa testis saya sangat kendor seperti buah yang menggantung saja dan lembek apalagi saat panas atau sehabis olahraga. Apakah hal ini dapat berpengaruh terhadap pada kualitas sperma dan peluang untk mendapatkan keturunan nanti ? Bagaimanakah bentuk atau kondisi testis yang normal itu?

(Miftah, 20, Tangerang)

JAWAB :

Lokasi tetis antara lain dipengaruhi oleh temperatur. Karena itu wajar kalau testis cenderung lebih rendah pada saat panas dan naik pada saat dingin. Begitu juga ketika terangsang, testis cenderung lebih tinggi letaknya.

Keadaan ini normal saja dan tidak ada pengaruhnya terhadap produksi sperma. Tetapi normal tidaknya testis tentu berpengaruh terhadap produksi sperma, yang berarri berpengaruh terhadap kesuburan. Misalnya testis yang pernah mengalami infeksi dapat mengalami akibat yang menyebabkan volumenya mengecil atau menjadi tidak licin dibandingkan yang normal.

Untuk mengetahui apakah testis normal atau tidak, tentu diperlukan pemeriksaan. Volume dan kekenyalan testis dapat diperiksa untuk menentukan normal atau tidak.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.