Tips Menyusun Bekal Makan ala Bento

Kompas.com - 04/06/2012, 14:06 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Anda tentu sudah mengenal bento, bekal makanan ala Jepang berisi nasi dan lauk-pauk yang dikemas secara praktis. Diambil dari kata o-bento, yang artinya bekal makan, bekal makanan ini sekarang tidak hanya tersedia di restoran Jepang siap saji. Ibu-ibu rumah tangga pun banyak yang tertarik dengan penyajian ala bento dimana makanan tampak penuh warna dan menggugah selera. Membuatnya pun tak sulit jika mengetahui tekniknya, sehingga bento pun betulan disiapkan untuk bekal makan ke sekolah atau ke kantor.

Saat ini juga telah hadir beberapa perusahaan yang mengadakan workshop untuk menguasai teknik membuat bento. Salah satunya adalah Mymealbox.

"Biasanya workshop yang saya gelar terdiri atas kelompok kecil, lima hingga delapan orang. Saya akan mengajarkan teknik-teknik dasar yang bisa dikreasikan sendiri oleh para peserta. Misalnya saya mengajarkan membuat tokoh kartun, nanti peserta bisa membuat tokoh kartun yang lain dengan teknik yang sama," ujar Lukman Wiharjda, pemilik Mymealbox saat ditemui Kompas Female usai workshop Bento di Lottemart Kelapa Gading, Jakarta, Minggu (3/6/2012) lalu.

Selain mengajarkan teknik, Mymealbox juga menyediakan perlengkapan khusus yang aman digunakan untuk membuat bento bagi anak. Perlengkapan langsung didatangkan dari Jepang tersebut bisa dilihat dalam gambar berikut ini.

perlengkapan bento

 

Namun, bagi Anda yang tak sempat mengikuti workshop dan membeli perlengkapan bento, Anda tetap bisa menyiapkan bekal makan ini dengan tips yang diberikan oleh Lukman berikut:

Perhatikan ukuran boks makan
Ini penting sebelum Anda menghias makanan. Pilih boks makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi anak. Anak usia 5-6 tahun memerlukan 600 kkal yang bisa diperoleh dari boks makan berukuran 600 ml yang diisi penuh. Untuk mengetahui ukuran boks, Anda bisa lihat di kemasannya, atau menggunakan gelas takar dan menuangkan air di boks makan hingga berukuran 600 ml. Isi boks sesuai ukuran tersebut sampai penuh. Untuk mengetahui ukuran boks yang disesuaikan dengan usia anak, Anda bisa mengirimkan email ke info@mymealbox.com.

Selalu pilih makanan kering

Karena bento merupakan makanan yang dimasak pada pagi hari untuk dimakan siangnya, pastikan Anda selalu memilih makanan kering agar tidak basi ketika hendak dimakan oleh anak. Untuk sayuran, sebaiknya Anda menggunakan sayuran yang direbus atau dikukus, kemudian ditiriskan airnya, ketimbang menggunakan sayuran tumis. Untuk pilihan daging, Anda bisa menggunakan daging olahan seperti nugget, sosis, atau telur dadar yang digoreng dengan minyak yang jumlahnya sangat minimum.

Perhatikan keseimbangan gizi
Pilih makanan yang bisa membantu anak melengkapi kebutuhan gizinya setiap hari. Usahakan komposisinya mengikuti takaran karbohidrat 50 persen, buah dan sayuran 33 persen, serta protein 17 persen. Karbohidrat bisa diperoleh dari nasi, jagung, atau kentang, sedangkan protein bisa didapatkan dari aneka olahan daging, tempe, atau tahu, disesuaikan dengan selera anak. Semua harus dikombinasikan dengan teliti agar anak tidak bosan mengonsumsi makanan sehat.

Pisahkan makanan sesuai jenisnya
Sebaiknya Anda menggunakan boks makanan yang memiliki sekat untuk memisahkan makanan sesuai jenisnya. Misalnya nasi, sayur, lauk, dan buah, terpisah-pisah sehingga rasanya tidak bercampur. Tetapi jika terpaksa harus menggunakan boks yang tidak memiliki sekat, disarankan agar Anda selalu memilih buah yang memiliki kulit seperti cherry, strawberry, atau anggur, yang tidak akan menimbulkan bau dan merusak makanan lain. Itu sebabnya pepaya tak dianjurkan dimasukkan ke dalam boks makanan anak.

Hias makanan agar menarik perhatian anak
Anak kecil menyukai makanan yang menarik. Maka, biasakan menghias makanannya agar anak selalu berselera makan setiap kali membuka kotak bekalnya di sekolah. JIka Anda tak memiliki perlengkapan masak seperti yang dimiliki perusahaan Mymealbox, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan perlengkapan yang ada. Misalnya cetakan agar-agar, cetakan kue, atau pisau kecil. Bentuk nasi goreng dengan cetakan agar-agar berbentuk beruang, lalu bentuk telur dengan menggunakan cetakan kue sehingga bentuknya beraneka macam. Letakkan jagung, brokoli, dan sosis berdampingan, agar warnanya beragam dan menarik. Anda bisa mencontek kreasi boks makanan ala bento dari website www.mymealbox.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.