Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Herbatic, Paduan Es Krim dan Jamu Karya Mahasiswa UGM

Kompas.com - 08/06/2012, 09:57 WIB
Kontributor Yogyakarta, Gandang Sajarwo

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com- Jamu memang identik dengan obat dan rasa pahit. Namun di tangan sekelompok mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Gadjah Mada, aneka herbal untuk membuat jamu dimodifikasi dengan es krim.

Herbatic atau Herbal Nabati Ice Cream tersebut adalah hasil kreativitas Elok Pawening Maharani, Sari Yuslia, Arif Sugianto, Anisa Dian Safitri, dan Aryo Dwi Nugroho.

Elok mengungkapkan, pemilihan bahan nabati dan herbal sebagai bahan baku es krim ini berawal dari keprihatinan mereka pada rendahnya minat masyarakat mengonsumsi jamu. 

"Jamu itu minuman menyehatkan, tetapi tidak praktis dan kurang diminati masyarakat. Untuk itulah kami mencoba berinovasi mengemas jamu dalam bentuk yang lebih menarik yaitu es krim, produk yang bisa dibilang disukai oleh semua kalangan," papar Elok , Jumat (8/6).

Herbatic dibuat dengan mengkombinasikan sari kacang merah dan jamu-jamuan. Karenanya es krim ini diklaim cocok untuk pengidap diabetes, orang yang alergi susu sapi, vegetarian, penggemar jamu, serta orang yang ingin melakukan diet rendah lemak.

"Pada umumnya es krim terbuat dari lemak hewani seperti susu sapi sehingga menjadi pantangan dikonsumsi bagi penderita lactose intolerant, yang sedang diet dan vegetarian. Tapi kami menggunakan sari kacang merah sebagai pengganti susu sapi sehingga aman dikonsumsi berbagai kalangan," lanjut Elok.

Ia menambahkan, es krim herbatic juga menyehatkan karena mengandung jahe, temulawak, kunyit dan kencur. Herbatic juga mengandung zat aktif yang terdapat dalam bahan-bahan herbal itu seperti minyak atsiri, zingerone, antimikrobia, antioksidan, polifenol, atau curcumin.

Sari Yuslia menambahkan kacang merah dan jamu-jamuan juga mengandung indeks glikemik yang sangat rendah yaitu 22 - 32 sehingga aman untuk penderita diabetes karena tidak membuat gula darah cepat naik.

Menurut Sari cara pembuatan es krim ini tak berbeda dengan es krim pada umumnya. Pembuatan diawali dengan merebus kacang merah untuk diambil sarinya. Selanjutnya sari kacang merah tersebut diolah bersama dengan margarin, gula pasir, tepung agar-agar, vanili, garam dan perasa alami seperti jahe, temulawak, kencur, kunyit, asam jawa, dan secang.

Untuk membuat satu resep herbatic menggunakan 800 ml sari kacang merah, 150 gram gula pasir serta tambahan bahan-bahan lain secukupnya. Dari satu resep tersebut dihasilkan 18-20 cup ukuran 90 ml.

Rasa yang ditawarkan pun bervariasi, jahe, kunyit asam, kencur, temulawak, dan jahe merah. Untuk variasi bisa ditambahkan topping seperti meses atau selai seperti bluberry, coklat, maupun strawberry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com