Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bugar ala Peselancar Gemala Hanafiah

Kompas.com - 10/06/2012, 15:51 WIB

KOMPAS.com - Peselancar berpengalaman 12 tahun, Gemala Hanafiah punya jadwal rutin beraktivitas fisik untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Pasalnya, ia hanya bisa menaklukkan ombak baik dalam kompetisi maupun saat berlatih, berbekal tubuh bugar dan berenergi.

Perempuan yang akrab disapa Al ini memilih olahraga jogging, skipping, yoga untuk mendukung keterampilannya berselancar. Namun ternyata, pilihan olahraga yang dilakukan rutin ini membantunya memiliki stamina yang stabil dan tubuh sehat bugar.

"Peselancar butuh melakukan latihan untuk kekuatan tangan, kaki, dan juga menjaga pernafasan, sehingga olahraga yang saya lakukan melatih kekuatan itu," jelasnya kepada Kompas Female di sela peluncuran Quiksilver Open West Java 2012, di Rolling Stone Cafe, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Al melakukan jogging dan skipping, masing-masing 30 menit tiga kali dalam seminggu, selain melakukan yoga.

Menjaga stamina untuk mendukung profesinya menjadi tujuan utama. Bonusnya, perempuan kelahiran Balikpapan, 7 Maret 1980 ini mengaku memiliki fisik yang selalu fit dan tak mudah sakit berkat pilihan olahraga tersebut.

"Justru kalau tidak berolahraga, badan terasa sakit. Olahraga rutin jadi obat anti aging alami, peredaran darah pun lancar," tuturnya.

Sementara untuk mengasah keahliannya mengendalikan papan selancar, Al mengaku sering berlatih skate longboard. "Tujuannya untuk melatih kuda-kuda," katanya.

Perempuan yang juga berprofesi sebagai presenter program televisi dan desainer grafis freelance ini, memilih profesi peselancar dengan satu tujuan.

"Selain menjadi passion, kepuasan diri, tujuan utama berselancar untuk mendekatkan surfing ke Indonesia. Indonesia punya banyak potensi untuk surfing, jangan sampai kita kehilangan identitas sebagai negara maritim," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com