Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Metode Kanguru Bantu Bayi Tidur Nyenyak

Kompas.com - 13/06/2012, 03:37 WIB

jakarta, kompas - Penerapan metode kanguru dapat membantu bayi tidur nyenyak. Tidur cukup dan berkualitas berpengaruh positif terhadap tumbuh kembangnya. Bayi yang tidur terganggu dalam waktu lama berakibat pada pertumbuhan tinggi badan tidak optimal.

Hal itu dikatakan Rosalina Dewi Roeslani dari Divisi Perinatologi RS Cipto Mangunkusumo dalam talkshow ”Kualitas Tidur terhadap Perkembangan Bayi” yang diselenggarakan PT Unicharm Indonesia di Jakarta, Selasa (12/6).

Ia mengatakan, bayi di bawah umur enam bulan menghabiskan 16-20 jam sehari untuk tidur. Saat ini waktu amat penting bagi proses tumbuh kembang. Secara alamiah tubuh bayi mengeluarkan hormon tumbuh kembang.

Ada dua fase tidur bayi, fase tidur tenang (nonrapid eye movement/NREM) dan fase tidur aktif (REM). Selama fase NREM, selain tubuh bayi mengeluarkan hormon pertumbuhan, bayi juga mengingat stimulasi yang didapat, misalnya mengenali suara ibu. Di fase REM, bayi mengingat kegiatan motorik, seperti belajar tengkurap, menggerakkan tangan, dan menguatkan daya ingat.

”Semakin muda bayi, kebutuhan tidurnya makin banyak karena perkembangan psikomotorik belum optimal. Seiring pertambahan usia, kebutuhan tidur sedikit berkurang,” kata Rosalina.

Natalia (39), ibu dua anak yang hadir dalam acara itu, mengungkapkan, selama ini ia tidak memahami mengapa bayi butuh waktu tidur lama. Ia sering kesulitan menyesuaikan waktu tidur bayi dengan aktivitasnya.

Ketua Bidang Hubungan Masyarakat PP Ikatan Dokter Anak Indonesia Rini Sekartini menyatakan, lazimnya metode kanguru berguna untuk menyelamatkan bayi berat lahir rendah (di bawah 2.500 gram). Kontak kulit ibu dengan bayi akan menjaga suhu tubuh bayi tetap hangat dan terhindar dari hipotermia.

Pada metode kanguru, bayi yang hanya menggunakan popok, topi, atau kaus kaki diletakkan menempel di dada ibu. Kemudian bayi diselimuti kain/baju. Dengan sentuhan kulit langsung, bayi akan tidur nyaman di pelukan ibu. Detak jantung akan membuat bayi nyaman.

Menurut Rini, metode kanguru dapat digunakan pada bayi lahir normal. Posisi metode kanguru akan membangun keterikatan batin ibu-bayi hingga bayi merasa nyaman dan tenang.

”Tapi jangan terlalu malam tidur karena hormon pertumbuhan dikeluarkan pukul 22.00,” ujar Rini. (ADH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com