Interior, Penentu Kenyamanan Tidur

Kompas.com - 13/06/2012, 17:50 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Kenyamanan tidur seseorang bisa didapatkan dari interior kamarnya. Suasana kamar menyenangkan akan membantu seseorang mendapatkan tidur berkualitas.

Demikian disampaikan desainer interior Roland Adam dalam sebuah kesempatan di Jakarta, pekan lalu. Roland mengatakan, kenyamanan saat tidur itu penting, karena sepertiga hidup seseorang berada di kamar tidur.

"Banyak yang menganggap tataan kamar tidak penting. Padahal, tatanan interior kamar itu bukan pada kasur atau bantalnya yang bagus, tapi suasana kamar yang sebenarnya lebih penting," ujarnya.

Roland menambahkan, hal-hal diperhatikan untuk kamar tidur bukan terletak pada kemewahannya, melainkan mood, lighting, serta tampilan visual seperti bunga-bunga segar atau alunan musik. Mood di dalam kamar tidur juga penting untuk membangun ambience.

"Kamar tidur memang tidak boleh acak-acakan, tapi jangan juga terlalu steril. Paling ideal kamar itu bikin rileks dan nyaman," imbuhnya.

Terkait pemilihan warna interior kamar tidur, menurut Roland, tergantung yang paling disukai setiap orang. Jadi, sah saja mau memilih warna asalkan gradasi warnanya baik.

"Jangan terlalu shocking color. Yang penting harmonis atau melakukan koordinasi warna, itu lebih penting," kata dia.

Selain tema dan warna, pemilihan bed linen set dan selimut juga harus diperhatikan. Roland mengatakan, sprei yang dicampur bahan bukan katun asli banyak digunakan dengan alasan gampang disetrika. Padahal sebenarnya, kata dia, sprei jenis ini tidak bagus untuk kualitas tidur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.