Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meracik Keju untuk Sarapan dan Kudapan

Kompas.com - 20/06/2012, 13:28 WIB

KOMPAS.com - Salah satu cara yang bisa dicoba untuk menurunkan berat badan adalah dengan banyak mengonsumsi keju. Keju merupakan sumber protein, dan mengandung sekitar 300-400 mg ekstra kalsium yang membantu penyerapan makanan lebih baik dalam tubuh.

Seperti diungkapkan para peneliti dari The Curtin University of Technology, konsumsi keju sebagai sumber protein dan kalsium mampu membuat Anda merasa lebih kenyang dan mempercepat proses metabolisme tubuh. Penelitian ini dilakukan pada 40 orang di Perth, Australia, dengan metode diet rendah kalori, namun beberapa di antara mereka diberi produk olahan susu seperti susu rendah lemak, keju, dan yogurt, selama 12 minggu. Hasilnya, mereka mengalami perubahan bobot tubuh yang cukup signifikan.

Keju yang dianggap paling baik untuk membantu diet Anda adalah jenis cottage yang merupakan keju lembut yang dibuat dari dadih susu, dan memiliki citarasa yang sedikit asam. Selain dikonsumsi sebagai kudapan, keju cottage juga bisa digunakan sebagai bahan campuran dalam makanan agar rasanya lebih nikmat.

1. Sarapan
Sarapan dengan menyantap karbohidrat seperti roti biasanya akan membuat tubuh terasa lesu sepanjang hari. Untuk menambah energi, sebaiknya perbanyak asupan protein dalam menu sarapan. Telur dan yogurt merupakan pilihan yang tepat. Namun, untuk mempermudah penyerapan makanan ini dalam tubuh dan tidak tertimbun menjadi lemak, tambahkan keju cottage ke dalam menu Anda. Misalnya, nikmati semangkuk buah segar sebagai sumber serat dengan kacang-kacangan untuk protein, lalu tambahkan parutan keju cottage sebagai sumber kalsium.

2. Kudapan

Mengudap juga diperlukan untuk menghindari makan yang berlebihan. Keju termasuk kudapan yang enak untuk disantap langsung, tanpa tambahan apapun. Untuk menurunkan berat badan, biasakan untuk menyantap dua potong keju dengan ukuran sebesar ibu jari.

Jika Anda suka ngemil buah dan sayur, ganti saja saus pencelup (yogurt atau krim asam) dengan keju cottage yang dihaluskan. Ambil empat ons keju cottage, lalu campur dengan satu sendok makan jus lemon, dan diaduk rata. Jika menyukai saus yang creamy, tambahkan dua sendok makan susu skim (rendah lemak) dan campur sampai rata.

3. Makanan penutup
Suka es krim untuk makanan penutup? Sayangnya kandungan lemak dan kalori yang cukup tinggi di dalamnya akan berakibat buruk pada lingkar pinggang Anda. Rasa manis dari gula akan membuat Anda ingin terus menyantapnya. Nah, keju cottage bisa digunakan sebagai alternatif untuk makanan pencuci mulut. Campur satu cangkir keju cottage dengan satu buah pisang, enam buah strawberry, setengah cangkir nanas, dan satu sendok teh vanili. Kemudian blender semua campuran ini dengan sedikit air. Cetak dalam cetakan es loli dan bekukan. Setelah mengeras, nikmati es loli keju yang rendah kalori ini tanpa perlu khawatir timbangan Anda akan naik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com