Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerja Lembur Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Kompas.com - 21/06/2012, 09:48 WIB

Kompas.com - Perempuan yang sering bekerja lembur memiliki risiko terkena kanker payudara 30 persen lebih tinggi dibanding dengan perempuan yang jam kerjanya normal. Demikian menurut penelitian yang dilakukan ilmuwan Perancis.

Para ilmuwan menyebutkan, bekerja lembur termasuk dalam faktor risiko yang setara dengan faktor risiko kanker payudara lainnya, seperti mutasi genetik, terapi hormonal, dan kehamilan pertama di usia lanjut.

Masih dalam konteks yang sama, para perokok memiliki risiko terkena kanker paru delapan kali lebih tinggi seperti halnya perempuan yang sering bekerja larut malam.

Penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Cancer itu dilakukan dengan mengobservasi para wanita yang bekerja shift malam, mereka yang lebih dari 4,5 tahun memiliki waktu kerja malam dan mereka yang tiga hari dalam seminggu harus kerja malam hari. Penelitian dilakukan terhadap 1.232 wanita yang didiagnosa kanker payudara antara tahun 2005 dan 2007.

"Kami temukan kaitan yang kuat antara kanker payudara dengan mereka yang bekerja di malam hari pada masa sebelum hamil, dibandingkan dengan mereka yang baru mulai kerja shift malam di usia lanjut," tulis peneliti.

Kendati belum jelas benar mengapa hal tersebut terjadi, namun para ilmuwan menduga kerja di malam hari akan mengganggu gen jam biologis serta merusak sistem imun tubuh.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com