Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tepat Mengompres Batita Saat Demam

Kompas.com - 29/06/2012, 09:20 WIB

KOMPAS.com - Kalau batita sedang demam ada yang menyarankan segera dikompres pakai air dingin atau alkohol, apa yang semestinya dilakukan?

Dr Rifan Fauzie, SpA dari RSAB Harapan Kita Jakarta, menjelaskan saat demam, sebaiknya dikompres dengan air hangat suam-suam kuku sehingga suhu tubuh dapat turun secara perlahan dan tidak mengakibatkan demam.

Pemakaian alkohol sudah dilarang karena sering kali menimbulkan kecelakaan, seperti kornea yang rusak terkena tetesan alkohol serta sebagian alkohol diserap melalui pori-pori kulit sehingga akan memudahkan terjadinya intoksinasi atau keracunan karena alkohol.

Hal penting saat anak demam adalah tetap memberinya makanan dan minuman sesering mungkin agar ia tetap terpenuhi asupan kalorinya serta tidak terjadi dehidrasi.

(Tabloid Nakita)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com