Tinggal Dekat Jalan Raya Berisiko Asma

Kompas.com - 30/06/2012, 12:15 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com Tinggal di perumahan yang terletak di tepi jalan raya ternyata bisa meningkatkan risiko terkena asma. Emisi gas buang yang berasal dari kendaraan diduga meningkatkan risiko terjadinya peradangan di saluran pernapasan sehingga memicu asma.

Demikian kesimpulan penelitian yang dilakukan tim dari SUNY Downstate Medical Center dan Lutheran Medical Center. Penelitian tersebut dipresentasikan dalam pertemuan American Academy of Allergy, Asthma and Immunology.

Mereka menyelidiki prevalensi asma di antara 62 penduduk Brooklyn yang tinggal di tepi jalan raya yang sibuk serta mereka yang rumahnya agak jauh dari jalan raya. Para peneliti menemukan tingginya risiko asma pada penduduk yang tinggal dekat jalan raya.

"Partisipan penelitian ini diambil secara random. Ternyata mereka yang menderita asma sebagian besar tinggal di dekat jalan raya yang sibuk," kata dr Maria-Anna Vastardi, peneliti dari SUNY Downstate.

Di Indonesia, jumlah penderita asma terus meningkat ,terutama di kota besar. Penelitian di kota besar di Indonesia pada anak sekolah menunjukkan 3 persen sampai 5 persen anak sekolah menderita asma.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.