Lari Cepat Lebih Efektif Kikis Lemak

Kompas.com - 02/07/2012, 09:59 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Selain murah, lari merupakan olahraga yang mudah dilakukan. Bagi Anda yang ingin membakar kalori lebih banyak, penelitian menunjukkan bahwa jenis lari yang sebaiknya dilakukan adalah berlari cepat (sprint).

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Obesity mengungkapkan, lari cepat selama satu jam setiap minggu lebih cepat mengikis lemak dibandingkan melakukan jogging satu jam setiap hari. Hal tersebut lebih nyata dampaknya pada para pria, yang melakukan sprint sekitar 20 menit setiap hari atau setara dengan satu jam dalam seminggu.

"Sprint adalah salah satu bentuk latihan yang sangat efisien," kata Profesor Steve Boutcher, pemimpin penelitian di University of New South Wales Medicine.

Penelitian yang dilakukan Boutcher berlangsung selama 12 minggu, di mana orang-orang yang berpartisipasi kehilangan bobot tubuh 2 kilogram, atau sekitar empat setengah pon lemak tubuh dan 1,2 kilogram pada otot di kaki. Partisipan juga kehilangan 17 persen dari lemak visceral mereka.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa latihan intensitas tinggi seperti berlari efektif dalam meningkatkan kesehatan pria kegemukan yang jarang bergerak atau sedentari.

"Sprint mengurangi lemak visceral dengan waktu latihan lebih sedikit tapi memiliki dampak yang lebih besar pada jantung dan kesehatan metabolisme akibat pengurangan lemak subkutan di kaki dan lengan," kata Steve Boutcher.

Para ahli merekomendasikan untuk orang dewasa supaya melakukan latihan ringan seperti berlari cepat 30 menit setiap harinya. Aktivitas fisik yang teratur terbukti bermanfaat menguatkan otot, membantu mencegah diabetes tipe 2 dan bahkan menjauhkan risiko depresi.

Namun, latihan ketahanan dalam jangka waktu panjang, seperti maraton, mungkin akan membuat orang berisiko lebih tinggi terkena masalah jantung.

"Penelitian lain yang mengamati manfaat aerobik, seperti jogging terus menerus, mengindikasikan bahwa jumlah latihan yang dibutuhkan untuk memangkas lemak visceral dalam jumlah yang sama adalah sekitar tujuh jam per minggu selama 14 minggu," kata Boutcher.

Berlari cepat juga dapat membantu seseorang dalam mendapatkan massa otot. "Perlu latihan ketahanan selama beberapa bulan untuk meningkatkan massa otot. Karenanya, meski sudah berlatih aerobik lain, sprint tetap perlu untuk membentuk otot," katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.